Laboratorium AS Ciptakan Alat Tes Virus Corona 5 Menit

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 28 Mar 2020 13:09 WIB
Ilustrasi virus Corona
Foto: Foto: Dok. NIAID (National Institute of Allergy and Infectious Diseases
Washington -

Laboratorium yang berbasis di Amerika Serikat telah menciptakan sebuah alat tes portabel yang bisa menunjukkan apakah seseorang terinfeksi virus corona dalam waktu 5 menit.

Perusahaan kesehatan Abbott Laboratories yang menaungi lab tersebut, menyatakan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) telah memberikan izin darurat untuk mulai menyediakan alat tes tersebut pada para penyedia layanan kesehatan paling cepat minggu depan.

Alat tes portabel tersebut berukuran seperti pemanggang roti (toaster) kecil dan menggunakan teknologi molekuler. Alat tes ini juga bisa menunjukkan hasil negatif dalam waktu 13 menit.


"Pandemi COVID-19 akan dilawan di berbagai bidang, dan uji molekuler portabel yang menawarkan hasil dalam hitungan menit menambah berbagai solusi diagnostik yang diperlukan untuk memerangi virus ini," kata pemimpin Abbott,
Robert Ford seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (28/3/2020).

Ford mengatakan bahwa dengan ukuran alat tes yang kecil ini maka alat ini bisa mudah dibawa ke zona-zona merah wabah virus corona.

Ford menambahkan, Abbott kini tengah bekerja sama dengan FDA untuk mengirimkan alat ini ke tempat-tempat yang menjadi pusat virus corona.

Dalam pernyataannya, Abbott Laboratories menyatakan bahwa untuk saat ini, alat tes tersebut belum mendapat izin atau persetujuan penuh dari FDA, namun baru diizinkan untuk penggunaan darurat oleh laboratorium-laboratorium dan penyedia layanan kesehatan yang disetujui.

Geser China, AS Jadi Pusat Pandemi Virus Corona COVID-19:

(ita/ita)