Cegah Corona, Turki Karantina 12 Wilayah dan Setop Penerbangan Internasional

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 28 Mar 2020 11:51 WIB
AS Izinkan Alat Tes Cepat Virus Corona 45 Menit
Foto: DW (News)
Ankara -

Belasan wilayah di Turki dikarantina sebagai upaya memerangi wabah virus corona.

Langkah tersebut diumumkan Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylupada Jumat (27/3) seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (28/3/2020).

"Ketika risiko penularan di sejumlah desa atau kota sangat tinggi, keputusan seperti itu bisa dibuat," ujar Soylu pada televisi swasta Turki, NTV.


"Secara total, 12 kota dan desa telah dikarantina," imbuhnya.

Soylu juga mengonfirmasi bahwa karantina di lima wilayah di Provinsi Rize, Laut Hitam itu diberlakukan setelah kematian seorang pasien COVID-19 di wilayah tersebut.

Dengan penerapan karantina ini, lalu lintas dari dan ke wilayah-wilayah tersebut dilarang.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca mengatakan, jumlah kematian karena coronavirus di negeri itu telah bertambah menjadi 92 kematian, dengan total 5.698 kasus.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah mengumumkan langkah-langkah tambahan untuk memerangi wabah mematikan ini, termasuk menghentikan sementara semua penerbangan internasional.

Selain itu, semua tempat piknik, hutan, dan situs arkeologi akan ditutup setiap akhir pekan. Semua perjalanan antarkota juga harus mendapatkan persetujuan dari gubernur setempat.

Otorotas Turki juga telah menutup semua sekolah dan universitas, dan menghentikan pertandingan olahraga dan melarang ibadah massal. Namun sejauh ini, Turki tidak menerapkan lockdown total.

480 Orang Tewas di Iran Usai Termakan Hoax Alkohol Sembuhkan Corona:

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)