Sengaja Berdiri Terlalu Dekat Orang Lain Terancam Bui di Singapura

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 13:13 WIB
Customers, some wearing face masks as a preventive measure against the COVID-19 novel coronavirus, queue to buy meat at a market in Singapore on March 22, 2020. (Photo by Catherine LAI / AFP)
Ilustrasi -- Warga Singapura, dengan hanya beberapa memakai masker, sedang mengantre di pasar setempat di tengah pandemi virus Corona (AFP/CATHERINE LAI)
Singapura -

Siapa saja yang ketahuan secara sengaja berdiri terlalu dekat dengan orang lain di Singapura, bisa terancam hukuman penjara maksimum 6 bulan. Aturan hukum baru yang diumumkan Jumat (27/3) ini dimaksudkan untuk membatasi penyebaran virus Corona atau COVID-19.

Seperti dilansir AFP, Jumat (27/3/2020), otoritas Singapura memberlakukan serangkaian langkah dan aturan baru untuk menangkal penyebaran virus Corona di wilayahnya, termasuk menutup bar dan bioskop serta melarang acara-acara besar.

Salah satu langkah demi memastikan social-distancing -- pendekatan penting memerangi virus Corona yang kini diterapkan secara global -- adalah melarang setiap individu untuk berdiri kurang dari 1 meter dari orang lain dalam pengaturan tertentu.

Menurut aturan baru ini, orang-orang dilarang untuk secara sengaja berdiri terlalu dekat dengan orang lain saat mengantre, atau untuk duduk kurang dari 1 meter dari orang lain di tempat-tempat umum.

Bagi orang-orang yang dinyatakan bersalah melanggar aturan ini, bisa terancam hukuman penjara maksimum 6 bulan dan hukuman denda paling banyak SG$ 10 ribu atau setara Rp 111 juta.

Para pemilik bisnis di Singapura juga diwajibkan mengambil langkah-langkah seperti menempatkan kursi masing-masing berjarak setidaknya 1 meter, dan memastikan orang-orang saling menjaga jarak saat mengantre. Pemilik bisnis bisa terancam hukuman yang sama jika melanggar aturan ini.

Warga Serbu Pembagian Masker dan Hand Sanitizer Gratis di Polman:

Selanjutnya
Halaman
1 2