Nenek 97 Tahun Jadi Pasien Tertua di Korsel yang Sembuh dari Virus Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 15:54 WIB
97-year-old woman fully recovers from new coronavirus (Photo supplied by Cheongdo County via CNN)
Nenek 97 tahun di Korsel sembuh dari virus Corona (Photo supplied by Cheongdo County via CNN)
Seoul -

Seorang nenek berusia 97 tahun yang terinfeksi virus Corona atau COVID-19 di Korea Selatan (Korsel) dinyatakan berhasil sembuh sepenuhnya. Nenek ini menjadi pasien tertua di Korsel yang berhasil sembuh dari virus Corona.

Seperti dilaporkan kantor berita Yonhap News Agency dan dilansir CNN, Kamis (26/3/2020), sang nenek yang berasal dari kota Cheongdo ini telah dipulangkan dari rumah sakit usai dinyatakan sembuh dari virus Corona. Kota Cheongdo berbatasan dengan Daegu, yang menjadi pusat penularan virus Corona di Korsel.

Sang nenek yang diidentifikasi oleh otoritas Cheongdo bermarga Hwang ini, dinyatakan sembuh sepenuhnya dari virus Corona pada Rabu (25/3) waktu setempat.

Berdasarkan penghitungan usia Korea yang menambah satu tahun dari usia internasional, nenek Hwang disebut berusia 97 tahun. Secara internasional, nenek Hwang berusia 96 tahun.

Disebutkan CNN bahwa nenek Hwang didiagnosis terinfeksi virus Corona pada 13 Maret lalu dan menjalani perawatan intensif di klinik umum Pohang, Daegu bagian timur. Usai dipulangkan dari rumah sakit, nenek Hwang kini masih menjalani karantina diri (self-quarantine) di rumahnya di Cheongdo, yang ditinggalinya bersama sang anak laki-laki.

Nenek Hwang merupakan pasien tertua dari total 4.144 pasien yang sejauh ini berhasil sembuh dari virus Corona di Korsel.

Pada Kamis (26/3) waktu setempat, otoritas Korsel melaporkan 104 kasus baru sepanjang Rabu (25/3) waktu setempat. Dengan demikian, saat ini jumlah total kasus virus Corona di Korsel mencapai 9.241 kasus. Jumlah korban meninggal kini mencapai 132 orang, dengan adanya 6 kematian baru dalam sehari.

(nvc/ita)