Finlandia Blokade Ibu Kota untuk Kendalikan Penyebaran Virus Corona

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 13:40 WIB
Jumlah kematian akibat virus corona di Spanyol telah bertambah menjadi 2.182 orang. Hari ini dalam 24 jam korban meninggal mencapai 462 orang.
Foto: AP/Manu Fernandez
Helsinki -

Untuk mengendalikan penyebaran virus corona, pemerintah Finlandia akan menerapkan larangan perjalanan antara ibu kota Finlandia dan seluruh negeri itu.

Perdana Menteri (PM) Finlandia Sanna Marin mengumumkan bahwa aturan baru ini akan diterapkan mulai Jumat (27/3) waktu setempat.

"Pergerakan ke dalam dan ke luar wilayah ibu kota, Uusimaa, akan dilarang," kata PM Marin pada konferensi pers seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (26/3/2020).

"Namun, setiap orang memiliki hak untuk kembali ke rumah atau ke kota tempat tinggal mereka," imbuh PM Marin.

Dikatakannya, pengecualian akan diberikan untuk perjalanan yang penting, termasuk kasus seperti kematian sanak keluarga atau berdasarkan pengaturan kunjungan anak.

Barang-barang juga akan terus mengalir di bawah aturan yang akan berlangsung selama tiga pekan ini.

Sebanyak 1,7 orang tinggal di provinsi Uusimaa, yang diperkirakan mencapai sepertiga dari total penduduk Finlandia.

Sejauh ini tercatat 880 kasus virus corona di Finlandia. Dari jumlah itu, lebih dari 500 kasus dilaporkan di wilayah Uusimaa. Dua dari tiga kematian karena coronavirus di Finlandia juga dilaporkan di wilayah ibu kota Finlandia itu.

Di Finlandia, tidak semua kasus diduga (suspect) corona akan dites. Karenanya, otoritas Finlandia telah menyatakan bahwa jumlah orang yang terinfeksi virus corona sebenarnya bisa 30 kali lebih tinggi dari data resmi pemerintah.

Ada BLT untuk Abang Ojol Hingga Pedagang yang Terimbas Corona:

(ita/ita)