1,7 Miliar Orang di Dunia Diminta Tetap di Rumah karena Virus Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 24 Mar 2020 11:46 WIB
PM India Narendra Modi meminta warganya untuk mengisolasi diri selama 14 jam guna membatasi penyebaran COVID-19. Begini suasana di New Delhi, India.
Suasana di New Delhi yang di-lockdown karena virus Corona (Getty Images/Yawar Nazir)
New Delhi -

Sekitar 1,7 miliar orang di lebih dari 50 negara dan wilayah di seluruh dunia diminta untuk tetap tinggal di rumah di tengah pandemi virus Corona yang merajalela.

Seperti dilansir AFP, Selasa (24/3/2020), beberapa negara memberlakukan langkah lockdown, sementara beberapa negara lainnya merilis perintah tetap tinggal di rumah (stay-at-home) untuk warganya demi membatasi penyebaran virus Corona.

Menurut penghitungan AFP, lockdown yang diberlakukan di sebagian wilayah India saja telah membuat 700 juta orang tak bisa keluar rumah.

Sedikitnya 34 negara dan wilayah lainnya juga memberlakukan lockdown yang memerintahkan warganya tetap di rumah. Menurut penghitungan AFP, langkah itu berlaku bagi total sekitar 659 juta orang yang tinggal di negara-negara dan wilayah itu.

Prancis, Italia, Argentina, negara bagian California di Amerika Serikat (AS), Irak dan Rwanda telah memberlakukan lockdown karena pandemi virus Corona.

Yunani menjadi negara terbaru yang memberlakukan langkah serupa, yang mulai berlaku Senin (23/3) pagi waktu setempat. Kolombia akan memberlakukan lockdown mulai Selasa (24/3) waktu setempat dan Selandia Baru juga melakukan langkah yang sama pada Rabu (25/3) mendatang.