721 Orang Terinfeksi Virus Corona di Thailand, 52 Pasien Sembuh

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 23 Mar 2020 15:19 WIB
Siswa di Thailand ramai-ramai mengenakan masker saat mengikuti ujian masuk sekolah menengah. Hal itu dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona.
Ilustrasi (AP Photo/Sakchai Lalit)
Bangkok -

Otoritas Thailand hari ini mengumumkan 122 kasus baru virus corona atau coronavirus di negeri itu. Dengan demikian sejauh ini jumlah kasus coronavirus di Thailand mencapai 721 orang.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Publik Thailand, Taweesin Wisanuyothin, menyatakan dalam konferensi pers hari ini seperti dilansir media Bangkok Post, Senin (23/3/2020), kasus-kasus baru tersebut termasuk 20 pasien yang terkait dengan kasus-kasus sebelumnya, 10 kasus impor baru dan 92 kasus yang tengah dalam penyelidikan tentang bagaimana mereka terinfeksi penyakit COVID-19 ini.

Thailand telah mencatat satu kematian akibat virus corona ini, sedangkan 52 pasien sejauh ini telah sembuh dan meninggalkan rumah sakit. Sementara 668 pasien masih dirawat di rumah sakit.

Kementerian Kesehatan Thailand menyatakan bahwa peningkatan cepat jumlah kasus coronavirus ini tidak lantas menunjukkan tingkat penularan aktual penyakit COVID-19 di kalangan penduduk pada umumnya, namun bisa saja mencerminkan peningkatan pengujian orang-orang yang berisiko corona.

Sebagai langkah untuk mengendalikan penyebaran virus corona, Thailand telah melarang pergerakan orang di keseluruhan 9 titik pemeriksaan perbatasannya, termasuk pelabuhan-pelabuhan mulai Minggu (22/3) waktu setempat.

Semua titik pemeriksaan di perbatasan-perbatasan Malaysia, Laos, Kamboja dan Myanmar ditutup sementara hingga pemberitahuan lebih lanjut.

"Selama penutupan sementara perbatasan, semua warga asing dan warga Thailand dilarang melintas masuk dan keluar Thailand via darat dan laut," demikian statemen pemerintah Thailand.

Hasil Negatif Rapid Test Belum Tentu Bebas Corona, Alasannya?:

(ita/nvc)