Ohio dan Louisiana Umumkan Lockdown karena Virus Corona

ADVERTISEMENT

Ohio dan Louisiana Umumkan Lockdown karena Virus Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 23 Mar 2020 14:40 WIB
Health professionals conduct coronavirus tests at a drive through testing site at the University of Dayton in Dayton, Ohio on March 17, 2020. - The coronavirus outbreak has transformed the US virtually overnight from a place of boundless consumerism to one suddenly constrained by nesting and social distancing. (Photo by Megan JELINGER / AFP)
Petugas medis saat melakukan pemeriksaan di lokasi drive-thru test untuk virus Corona di Dayton, Ohio (Megan JELINGER/AFP)

Sejauh ini, negara bagian Ohio melaporkan 351 kasus virus Corona dengan tiga meninggal dunia. Sedangkan Louisiana melaporkan 837 kasus dengan 20 orang meninggal. Louisiana menjadi negara bagian ketiga di AS dengan jumlah kasus terbanyak per kapita.

Gubernur Louisiana, John Bel Edwards, menyebut bahwa jumlah kasus virus Corona di wilayahnya bertambah 10 kali lipat dalam sepekan terakhir.

Lockdown di Ohio mulai berlaku pada Senin (23/3) dini hari waktu setempat hingga 6 April mendatang. Sementara di Louisiana akan berlaku mulai Senin (23/3) sore waktu setempat hingga 12 April mendatang. Untuk Delaware, larangan keluar rumah berlaku mulai Selasa (24/3) pagi waktu setempat.

Sementara itu, otoritas Dallas County di Texas yang berpenduduk 2,5 juta orang dan otoritas kota Philadelphia dengan 1,6 juta orang penduduk memerintahkan setiap bisnis non-essential untuk tutup mulai Minggu (22/3) waktu setempat dan seluruh warga diperintahkan tetap tinggal di rumah.

Di Kentucky, seluruh bisnis non-essential diperintahkan tutup mulai Senin (23/3) malam waktu setempat, namun otoritas setempat tidak meminta warga untuk tetap di dalam rumah masing-masing.

Sebelumnya, otoritas negara bagian California dan New York memberlakukan lockdown dengan memerintahkan setiap warganya untuk tidak keluar rumah jika bukan untuk keperluan mendesak dan penting. Seluruh bisnis di kedua negara bagian itu juga diperintahkan tutup sementara, kecuali apotek dan toko bahan makanan.


(nvc/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT