Kompleks Masjid Al-Aqsa Ditutup untuk Umum karena Virus Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 23 Mar 2020 08:39 WIB
Masjid Al Aqsa di Yerusalem
Ilustrasi -- Masjid Al-Aqsa di Yerusalem (dok. detikcom/Erwin Dariyanto)
Yerusalem -

Kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem akan sepenuhnya ditutup untuk umum mulai Senin (23/3) waktu setempat, di tengah pandemi virus Corona atau COVID-19. Dengan penutupan ini maka jemaah untuk sementara waktu sama sekali tidak bisa mengunjungi kompleks suci ini.

Seperti dilansir AFP, Senin (23/3/2020), penutupan sementara ini diumumkan oleh otoritas Wakaf Islam Yerusalem yang mengelola situs-situs suci umat muslim di Yerusalem pada Minggu (22/3) waktu setempat. Langkah yang tergolong langka ini dimaksudkan untuk memerangi penyebaran virus Corona.

Direktur Masjid Al-Aqsa, Sheikh Omar al-Kisswani, menuturkan kepada AFP bahwa ini menjadi momen pertama sejak tahun 1967 silam, saat situs tersuci ketiga bagi umat muslim ditutup untuk para jemaah melalui arahan dari Wakaf Islam Yerusalem, yayasan muslim yang mengelola kompleks Al-Aqsa.

Israel, yang menguasai akses masuk ke kompleks tersebut, sebelumnya telah memblokir akses ke kompleks masjid tersebut.

Menurut pernyataan terbaru dari Wakaf Islam Yerusalem pada Minggu (22/3) waktu setempat, para jemaah tidak akan bisa berkunjung ke kompleks Masjid Al-Aqsa untuk sementara waktu. "Menanggapi rekomendasi keagamaan dan medis," demikian pernyataan pihak Wakaf.

Ratusan jemaah masih ikut salat Jumat di kompleks Masjid Al-Aqsa pada pekan lalu, setelah masjid ditutup sementara untuk mengurangi penyebaran virus Corona. Jumlah itu merupakan penurunan drastis dibandingkan biasanya, ketika 30 ribu jemaah ikut salat Jumat di masjid tersebut.

Dampak Corona, Mal Terbesar di Kendari Sepi:

Selanjutnya
Halaman
1 2