Cegah Penyebaran Corona, AS dan Meksiko Batasi Pelintasan di Perbatasan

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Sabtu, 21 Mar 2020 00:13 WIB
FILE PHOTO: Buildings in Nogales, Mexico (R) are separated by a border fence from Nogales, Arizona, United Sates, October 9, 2016. REUTERS/Mike Blake/File Photo
Ilustrasi perbatasan AS dan Meksiko, Foto: Reuters
Jakarta -

Amerika Serikat (AS) dan Meksiko telah sepakat untuk membatasi sementara perjalanan yang tidak penting untuk melintasi perbatasan mereka karena wabah virus Corona (COVID-19). Meski dibatasi sementara, perdagangan antara kedua negara akan terus berlanjut.

"Amerika Serikat dan Meksiko telah sepakat untuk membatasi perjalanan yang tidak penting melintasi perbatasan kita bersama," kata Menlu AS Mike Pompeo kepada wartawan di Gedung Putih, seperti yang dilansir AFP, Jumat (20/3/2020).

AS dan Meksiko sepakat untuk membatasi penyebaran virus Corona. Namun kerja sama perdagangan tetap berlanjut.

"Kedua negara kita tahu pentingnya bekerja sama untuk membatasi penyebaran virus dan untuk memastikan bahwa perdagangan yang mendukung ekonomi kita terus mengalir," ujar Pampeo.

Presiden AS Donald Trump mengatakan langkah itu mirip dengan yang sudah diumumkan dengan Kanada, diperlukan untuk mencegah penyebaran infeksi ke agen perbatasan, migran, dan kepada masyarakat luas.

Sebelumnya diberitakan, seluruh warga di negara bagian California, Amerika Serikat (AS), diperintahkan untuk tetap di rumah dalam upaya memerangi pandemi virus Corona. Gubernur California, Gavin Newsom, memerintahkan lockdown wajib terhadap nyaris 40 juta orang yang tinggal di negara bagian ini.

Seperti dilansir AFP dan Newsweek, Jumat (20/3), Newsom menyatakan bahwa perintah tetap tinggal di rumah ini akan mulai berlaku pada Kamis (19/3) malam waktu setempat, hingga waktu yang belum ditentukan. Ini menjadi langkah penanganan paling dramatis yang diambil oleh sebuah negara bagian AS.

"Ada pengakuan soal saling ketergantungan yang membuat saat ini kita mengarahkan perintah untuk seluruh wilayah negara bagian ini agar orang-orang tetap tinggal di rumah," tegas Newsom.

Prosedur Screening Massal dengan Rapid Test Corona:

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/rfs)