Arab Saudi Tangkap 2 Pemuda Beraksi Tenggak Disinfektan untuk Cegah Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 20 Mar 2020 17:39 WIB
Ilustrasi bendera Arab Saudi
Ilustrasi (Dok. Anadolu Agency)

Tindakan kedua pemuda itu juga dianggap bisa mempengaruhi anak-anak untuk menirunya dan membahayakan diri mereka. Tindakan kedua pemuda ini juga dinilai menghasut perilaku yang dapat membahayakan kesehatan dan ketertiban publik.

Kedua kasus ini telah diteruskan ke pengadilan setempat. Kedua pemuda ini terancam hukuman maksimum lima tahun penjara dan hukuman denda paling banyak sebesar 3 juta Riyal (Rp 12,5 miliar). Kasus ini didasarkan atas Undang-undang Antikejahatan Siber Saudi dan Undang-undang Perlindungan Anak.

Video-video yang viral itu sempat memicu komentar-komentar online bernada kemarahan. Salah satu pengguna Twitter menuntut 'hukuman paling berat' untuk kedua pemuda itu, dengan menyebut mereka membahayakan anak-anak muda yang bisa meniru aksi mereka.

Sejauh ini 274 kasus virus Corona terkonfirmasi di wilayah Saudi. Sebagai upaya mengurangi penyebaran virus Corona, otoritas Saudi menutup sementara bioskop, mal dan restoran, juga menghentikan sementara penerbangan dan menghentikan umroh untuk tahun ini. Saudi juga menghentikan sementara ibadah salat berjemaah di seluruh masjid di wilayahnya, kecuali di Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Halaman

(nvc/tor)