Usai Pingsan Saat Bahas Corona di Parlemen, Menteri Belanda Mundur

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 20 Mar 2020 14:31 WIB
Dutch Minister Bruno Bruins for Medical Care (VVD) speaks during a debate about the developments surrounding the coronavirus, in The Hague, the Netherlands, on March 18, 2020. (Photo by Phil NIJHUIS / various sources / AFP) / Netherlands OUT (Photo by PHIL NIJHUIS/ANP/AFP via Getty Images)
Bruno Bruins (ANP/AFP via Getty Images/PHIL NIJHUIS)
Amsterdam -

Menteri Layanan Medis Belanda, Bruno Bruins, mengundurkan diri dari jabatannya setelah jatuh pingsan saat terlibat dalam sesi debat membahas pandemi virus Corona di parlemen. Bruins mengakui dirinya mengalami kelelahan yang membuatnya pingsan.

Seperti dilansir AFP, Jumat (20/3/2020), Bruins yang bertanggung atas penanganan pandemi virus Corona, jatuh pingsan saat berdiri di podium dalam debat di parlemen pada Rabu (18/3) malam waktu setempat. Dia harus dibantu untuk bisa berdiri kembali.

"Raja (Belanda-red) telah mengabulkan pengunduran dirinya dengan cara paling terhormat... dengan rasa terima kasih untuk pengabdian penting dan banyak yang telah diberikan (oleh Bruins)," demikian pernyataan Istana Kerajaan Belanda.

Dalam pernyataan pada Rabu (18/3) waktu setempat, Bruins menyatakan dirinya 'pingsan karena kelelahan dan menjalani minggu-minggu yang intensif'. Namun dia mengklaim telah merasa lebih baik dan akan kembali bekerja.

Diketahui bahwa pemerintahan Perdana Menteri (PM) Mark Rutte ada di bawah tekanan atas banyaknya kritik yang menyebut respons awal terhadap wabah virus Corona terlalu lamban. PM Rutte telah memerintahkan penutupan sekolah-sekolah, bar dan restoran dalam upaya membatasi penyebaran virus Corona.

Hingga kini, otoritas Belanda telah mengonfirmasi 2.460 kasus virus Corona di wilayahnya, dengan 76 orang meninggal.

Tonton juga Istri PM Spanyol Positif Virus Corona :

[Gambas:Video 20detik]




(nvc/tor)