ADVERTISEMENT

Imigrasi: 19 WN Thailand Tiba di Gowa untuk Ikuti Itjima Dunia

Hermawan Mappiwali - detikNews
Rabu, 18 Mar 2020 21:45 WIB
Kepala Kantor Imigrasi Makassar, Andi Pallawarukka
Kepala Kantor Imigrasi Makassar Andi Pallawarukka (Foto: Ibnu Munsir/detikcom)
Kabupaten Gowa -

Pemerintah Kabupaten Gowa meminta panitia Ijtima Dunia Zona Asia untuk menunda acara sehubungan tindak pencegahan pandemi virus Corona (COVID-19). Namun pihak imigrasi Makassar menyebut seluruh peserta telah masuk ke Kabupaten Gowa. Di antaranya 19 WN Thailand.

Kepala Kantor Imigrasi Makassar Andi Pallawarukka mengatakan, para peserta itjima sudah masuk ke Indonesia jauh sebelum dikeluarkannnya surat permintaan penundaan ke pihak panitia, bahkan jauh sebelum virus Corona mewabah di Indonesia.

"Itu memang ada penyampaian ke imigrasi bahwa akan ada nanti datang warga negara asing dari 48 negara yang diundang untuk menghadiri itu," ujar Andi Pallawarukka kepada detikcom, Rabu (18/3/2020) malam.

"Sementara undangan itu sudah berlangsung, kemudian merebak Corona ini, sementara orang-orangnya sudah masuk ke Indonesia," sambung Andi.

Andi menjelaskan, bahwa tidak serta merta semua peserta yang masuk ke Indonesia melalui bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

"Dia bukan semuanya lewat Bandara Sultan Hasanuddin tapi banyak lewat Jakarta, lewat Bali, lewat di tempat-tempat lain," kata Andi.

"Yang lewat Sultan Hasanuddin itu sesuai laporan anggota di lapangan itu yang dari Kuala Lumpur (Malaysia) dengan Thailand, itu yang lewat Makassar," tuturnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT