Imbas Corona, Belgia Lockdown Sampai 5 April

Indra Komara - detikNews
Rabu, 18 Mar 2020 07:10 WIB
ilustrasi corona
Foto: ilustrasi corona
Jakarta -

Pemerintah Belgia memberlakukan lockdown untuk mencegah penyebaran virus Corona. Kebijakan lockdown berlaku mulai hari ini.

Seperti dikutip dari AFP, Rabu (18/3/2020), Perdana Menteri Belgia Sophie Wilm├Ęs mengatakan, kebijakan lockdown berlaku hingga 5 April. Artinya terhitung per hari ini pukul 11.00 waktu setempat, lockdown di Belgia berlangsung selama 19 hari.

"Rakyat Belgia harus tinggal di rumah sejak tengah hari pada hari Rabu," kata Wilmes.

Wilmes menuturkan, lockdown tidak berlaku untuk sebagian orang yang membutuhkan perawatan medis. Termasuk warga yang ingin ke apotek.

"Satu-satunya penghuni yang diizinkan adalah mereka yang membutuhkan perawatan medis, berolahraga atau bekerja di beberapa bisnis yang dianggap penting, seperti pasar makanan dan apotek," imbuh Wilmes.

Belgia sendiri telah mencatat 1.243 kasus warga terinfeksi virus corona dan 10 orang meninggal dunia.

Wilmes mengumumkan kebijakan lockdown setelah ikut serta dalam konferensi video dengan 26 pemimpin Uni Eropa lainnya, di mana mereka sepakat untuk mengoordinasikan tindakan lebih lanjut pencegahan Corona.

"Warga diminta tinggal di rumah untuk menghindari sebagian besar kontak, kecuali pergi ke dokter, berbelanja makanan, kantor pos, bank, apotek, pompa bensin atau untuk membantu seseorang yang membutuhkan," kata Wilmes.

Restoran dan bar sudah ditutup namun pemesanan bisa dibawa pulang. Sementara supermarket akan tetap terbuka, pembeli hanya diterima jika ada ruang yang cukup untuk satu orang per 10 meter persegi, dan mereka tidak boleh berada di supermarket selama lebih dari 30 menit.

Pemerintah Belgia juga mengimbau kepada warganya untuk mengatur jarak sosial, baik di tempat bekerja maupun angkutan umum. Perjalanan ke luar negeri yang tidak 'sangat diperlukan' dilarang sampai setidaknya 5 April.

Pemerintah: Akan Terjadi Penambahan Pasien Cukup Signifikan Nantinya:

[Gambas:Video 20detik]



(idn/azr)