Brazil Laporkan Kematian Pertama Akibat Virus Corona

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Rabu, 18 Mar 2020 03:02 WIB
Italia jadi salah satu negara dengan jumlah kasus COVID-19 yang cukup tinggi di luar China. Petugas medis di negara itu bahu membahu rawat pasien virus corona.
Ilustrasi petugas medis yang menangani Corona (Foto: AP Photo)
Rio de Janeiro -

Brazil mengonfirmasi kasus kematian pertama akibat virus Corona (COVID-19). Kasus kematian pertama itu terjadi saat Kota Sao Paulo dan Rio de Janeiro mendeklarasikan keadaan darurat.

Dilansir dari AFP, Selasa (17/3/2020), korban meninggal pertama itu adalah seorang pria berusia 62 tahun yang juga menderita diabetes dan memiliki tekanan darah tinggi. Pria itu meninggal pada Senin (16/3) di Sao Paulo.

"Sayangnya, ini menunjukkan seberapa parah pandemi ini, terlepas dari apa yang ingin dipercayai beberapa orang," kata Wali Kota Sao Paulo Bruno Covas.

Kasus kematian pertama ini dianggap akan 'menusuk' Presiden Brazil Jair Bolsonaro yang mengkritik cara pemerintah daerah bereaksi terhadap virus ini. Kritik itu disampaikan Bolsonaro usai Kota Sao Paulo dan Rio de Janeiro mendeklarasikan keadaan darurat akibar virus Corona.

"Orang-orang bertindak seperti itu adalah akhir dunia. Beberapa gubernur mengambil langkah-langkah yang benar-benar akan melukai ekonomi kita. Yang perlu kita lakukan adalah mengurangi histeria," ujar Bolsonaro.

Otoritas setempat sebelumnya pada Jumat (13/3) lalu telah menutup sekolah, teater, dan bioskop selama 15 hari.

Pemain Juventus Blaise Matuidi Positif Corona!:

[Gambas:Video 20detik]



(azr/azr)