Ratusan Napi di Penjara Brasil Kabur Jelang Lockdown karena Corona

Zulfi Suhendra - detikNews
Selasa, 17 Mar 2020 15:38 WIB
Jumlah total kasus virus Corona atau Covid-19 di Korsel telah mencapai 7.513 kasus. Korsel pun terus berperang melawan Corona karena jumlah pasien terus bertambah.
Ilustrasi Corona//Foto: Getty Images/Chung Sung-Jun
Jakarta -

Ratusan narapidana (napi) kabur dari 4 penjara di Brasil pada Senin waktu setempat. Mereka kabur sehari sebelum hak istimewa pembebasan sehari mereka ditunda akibat wabah Corona yang memaksa Brasil harus memberlakukan lockdown.

Dilansir Reuters, Selasa (16/3/2020), penjara negara bagian Sao Paulo melaporkan, mereka tidak bisa merinci berapa banyak sebenarnya napi yang kabur. Mereka masih mencari data yang aktual.

Sementara media lokal melaporkan bahwa sekitar 1.000 orang narapidana kabur dari 4 penjara yakni Mongagua, Tremembe, Porto Feliz dan Mirandopolis sebelum lockdown karena Corona diberlakukan.

Video sosial media beredar menunjukkan orang berbondong-bondong yang diduga tengah kabur dari penjara. Reuters belum bisa mengonfirmasi kebenaran dan lokasi video tersebut.

Otoritas penjara negara bagian Sao Paulo Brasil mengatakan ada tindakan pembangkangan yang terjadi di penjara sebelum penangguhan program pembebasan.

Penangguhan itu perlu dilakukan, katanya, karena 34.000 narapidana akan kembali ke penjara dan memiliki potensi tinggi untuk menularkan virus Corona yang tengah mewabah. Itu dianggap akan memberikan risiko kesehatan bagi penjaga penjara. Terkait hal ini, penegak hukum tengah menjaga situasi.

(zlf/fjp)