Cegah Penyebaran Corona Kanada Tutup Perbatasan

Dwi Andayani - detikNews
Selasa, 17 Mar 2020 04:48 WIB
Prime Minister Justin Trudeau holds a news conference in Ottawa on Wednesday, Jan. 8, 2020. (Sean Kilpatrick/The Canadian Press via AP)
Foto: Sean Kilpatrick/The Canadian Press via AP
Ottawa -

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengumumkan pihaknya menutup perbatasan wilayah. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Dilansir AFP Selasa (17/3/2020), perbatasan negara Kanada ditutup untuk seluruh pengunjung asing kecuali Amerika. Dia meminta seluruh warga Kanada untuk tidak keluar rumah.

"Semua orang Kanada, sebanyak mungkin, juga harus tinggal di rumah," ujar Trudeau.

Trudeau beserta keluarganya disebut saat ini tengah melakukan karantina sendiri. Setelah istrinya Sophie Grégoire, dinyatakan positif Corona.

Dia juga mengatakan, akan menolak warga asing yang akan masuk ke Kanada.

"Kami akan menolak masuk ke Kanada, untuk orang-orang yang bukan warga negara Kanada atau penduduk tetap," kata Trudeau.

Sedangkan terkait tetap diperbolehkannya AS masuk ke Kanada. Trudeau mengatakan hal ini karena adanya integrasi kedua negara terkait ekonomi.

"Tingkat integrasi kedua ekonomi kita yang tinggi dan koordinasi yang kita miliki," tuturnya

"Ini menempatkan AS dalam kategori yang terpisah dari seluruh dunia," tambahnya.

Setelah adanya pengumuman tersebut, beberapa gedung mulai tutup, seperti gedung pengadilan, gedung olahraga hingga restoran dan sekolah. Acara olahraga dan hiburan utama telah dibatalkan.

(dwia/dwia)