35 Orang Meninggal Akibat Corona, Inggris Akan Mengisolasi Warga Lansia

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 16 Mar 2020 10:35 WIB
Few people stroll along a main shopping street at Regent Street after the Prime Minister said that Covid-19 is the worst public health crisis for a generation, in London Saturday March 14, 2020. For most people, the new COVID-19 coronavirus causes only mild or moderate symptoms, but for some it can cause more severe illness. (Rick Findler/PA via AP)
Situasi di London, Inggris di tengah wabah virus Corona (Rick Findler/PA via AP)
London -

Otoritas Inggris akan mulai mengisolasi warga lanjut usia (lansia) untuk melindungi mereka dari virus Corona. Sebuah aturan akan diberlakukan untuk memaksa siapa saja yang positif virus Corona agar dikarantina.

Seperti dilansir Reuters dan Channel News Asia, Senin (16/3/2020), Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock, menyatakan bahwa setiap warga yang berusia di atas 70 tahun akan dilindungi dari virus Corona dengan menjalani isolasi diri (self-isolating). Isolasi ini bisa berlangsung hingga empat bulan ke depan.

Waktu pemberlakuan isolasi bagi warga lansia itu akan diumumkan secara detail 'dalam beberapa pekan ke depan'.

Otoritas Inggris diketahui mengambil pendekatan berbeda untuk menangkal virus Corona dibandingkan negara-negara Eropa, seperti Italia, Spanyol dan Prancis yang secara tegas memberlakukan lockdown dalam upaya memperlambat penyebaran virus ini.

Pada Minggu (15/3) waktu setempat, otoritas kesehatan Inggris mengumumkan bahwa jumlah korban meninggal akibat virus Corona melonjak sebanyak 14 orang, menjadi total 35 orang hanya dalam 24 jam. Sejauh ini, total 1.391 kasus virus Corona terkonfirmasi di wilayah Inggris.

Hancock menyebutkan bahwa jumlah pertambahan kasus virus Corona di Inggris lebih lambat dibandingkan negara-negara Eropa lainnya, yang sebagian disebabkan oleh langkah-langkah yang diambil pemerintah untuk melacak orang-orang yang melakukan kontak dengan mereka yang positif virus Corona.

Pekan lalu, pemerintah Inggris menyebut bahwa skala wabah virus Corona di Inggris sekitar empat pekan di belakang Italia, yang kini mengonfirmasi total 24.747 kasus dengan 1.809 orang meninggal dunia.

Selanjutnya
Halaman
1 2