Cegah Penyebaran Corona, PM Ceko Karantina Seluruh Wilayah

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 16 Mar 2020 09:19 WIB
Policeman wearing a facemask stands on guard in front of closed Prague Castle, Czech Republic, Saturday, March 14, 2020. The Czech Republics government has approved further dramatic measures early Saturday to try and stem the spread of the coronavirus. The government has ordered retail businesses including shopping malls to close as of Saturday morning. For most people, the new coronavirus causes only mild or moderate symptoms. For some it can cause more severe illness. (AP Photo/Petr David Josek)
Polisi Ceko memakai masker saat berjaga di depan Kastil Praha yang ditutup di tengah wabah virus Corona (AP Photo/Petr David Josek)
Praha -

Perdana Menteri (PM) Republik Ceko, Andrej Babis, memberlakukan karantina terhadap seluruh wilayah negaranya dalam upaya membatasi penyebaran virus Corona atau COVID-19. Langkah tegas ini diambil PM Babis saat jumlah kasus virus Corona di negara itu telah melebihi 290 kasus.

Seperti dilansir Associated Press, Senin (16/3/2020), langkah karantina secara nasional yang belum pernah diberlakukan sebelum ini akan mulai dilaksanakan pada Senin (16/3) waktu setempat. Karantina seluruh wilayah Ceko ini akan diberlakukan selama seminggu ke depan.

"Mulai dari 16 Maret hingga 24 Maret, pemerintah melarang pergerakan bebas dari orang-orang di seluruh wilayah Republik Ceko," tegas PM Babis dalam konferensi pers pada Minggu (15/3) waktu setempat.

Ditegaskan PM Babis dalam pengumumannya bahwa pemerintah akan melarang seluruh perjalanan di dalam wilayah Ceko, kecuali perjalanan ke tempat kerja dan perjalanan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia.

Dengan kata lain, warga Ceko masih akan diizinkan untuk berbelanja kebutuhan pokok, pergi ke rumah sakit dan klinik dan mengunjungi anggota keluarga mereka.

"Ini (larangan pergerakan bebas) tidak termasuk perjalanan ke tempat kerja dan bisnis, kunjungan yang diperlukan keluarga atau kerabat dan kunjungan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti membeli makanan, obat, peralatan medis, barang-barang saniter, kosmetik, barang-barang dari toko obat dan pasokan untuk hewan," sebut PM Babis.

Tonton juga Istri PM Spanyol Positif Virus Corona :

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2