Kim Jong-un Surati Moon Jae-in, Hibur Warga Korsel di Tengah Wabah Corona

Zulfi Suhendra - detikNews
Kamis, 05 Mar 2020 18:40 WIB
South Korean President Moon Jae-in and North Korean leader Kim Jong Un meet in the truce village of Panmunjom inside the demilitarized zone separating the two Koreas, South Korea, April 27, 2018.     Korea Summit Press Pool/Pool via Reuters
Foto: Korea Summit Press Pool/Pool via Reuters
Jakarta -

Di balik sosoknya yang otoriter, Pesiden Korea Utara Kim Jong-un punya sisi humanis. Di tengah virus Corona yang tengah mewabah di Korea Selatan, Kim mengirim surat untuk menghibur warga Korsel.

Dilansir AFP, Kamis (5/3/2020), Kim disebut mengirim surat pribadi untuk menenangkan rakyat Korea Selatan. Keterangan tersebut dirilis kantor presiden Korsel hari ini.

Surat tersebut dikirimkan Kim Jong-un ke Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. "Kim menyampaikan pesan yang menghibur warga Korea Selatan yang tengah berjuang di tengah wabah Corona," ujar Yoon Do-han, pejabat senior di Istana Presiden Blue House.

Kim mengatakan dia 'khawatir' akan kesehatan Moon. Dan menegaskan persahabatan keduanya.

Korea Selatan sudah melaporkan kasus Corona terbesar di dunia di luar China. Di negara ini, ada 6.000 kasus Corona per hari Kamis ini.

Sementara Korea Utara, disebutkan telah menutup rapat-rapat perbatasan untuk menghindari virus itu masuk ke negaranya. Korut mengklaim belum ada satupun kasus Corona yang positif terjadi di negaranya sejak pertama kali virus itu mewabah.

Surat yang dikirim Kim Jong-un ini bertolak belakang dengan apa yang dilakukan oleh adik perempuannya, Kim Yo Jong. Dalam sebuah pernyataan Yo Jong mengatakan kecaman Seoul atas latihan militer yang dilakukan Korea Utara adalah tindakan yang bodoh dan tak masuk akal.

Bahkan dia mengibaratkan kecaman itu adalah gonggongan anjing yang ketakutan.

Dampak Corona Buat Stok Bahan Baku dari China Terganggu:

[Gambas:Video 20detik]



(zlf/bar)