20 Orang Tewas Saat Tentara Memburu Milisi di Kongo

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 03 Mar 2020 04:41 WIB
ilustrasi penembakan
Foto Ilustrasi
Kongo -

Kekerasan yang bergolak di timur laut Kongo menewaskan 20 orang. Bentrok bermula saat tentara mengepung pejuang milisi dari Koperasi Pembangunan Kongo (CODECO).

Juru Bicara Tentara Kongo, Letnan Jules Ngono mengatakan bentrok terjadi antara tentara Kongo dengan pejuang milisi dari Koperasi Pembangunan Kongo (CODECO) pada Sabtu (29/2) Malam di Desa Kparangaza.

Dilansir dari AFP, Selasa (3/3/2020) sembilan pejuang milisi dan tiga tentara tewas dalam peristiwa itu. Sementara tentara berhasil memukul mundur dan mengusir kelompok milisi dari kota.



Salah seorang kepada suku di desa Venru mengatakan pejuang milisi sempat menembak dan membacok hingga tewas delapan orang warga setempat.

"Tiga orang korban adalah laki-laki, dua perempuan dan sisanya adalah anak-anak," kata Kepala Jean Richard Ehnakondo kepada AFP.



Sementara itu, pejabat lokal, Desire Malo mengatakan hingga Senin (2/2) waktu setempat situasi di Venru masih mengkhawatirkan karena tentara masih memburu pejuang milisi.

Diketahui, CODECO adalah sekte agama-politik bersenjata yang diambil dari kelompok etnis Lendu. Konflik antara Lendu dengan petani Hema, pengembala dan pedagang di Provinsi Ituri, pernah terjadi antara 1999 hingga 2003, sekitar puluhan ribu orang dinyatakan tewas.

(lir/lir)