Cegah Virus Corona, Newcastle dan West Ham Larang Pemainnya Jabat Tangan

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Sabtu, 29 Feb 2020 05:03 WIB
LIVERPOOL, ENGLAND - JANUARY 21: Florian Lejeune of Newcastle United celebrates with Fabian Schar after scoring his teams second goal  during the Premier League match between Everton FC and Newcastle United at Goodison Park on January 21, 2020 in Liverpool, United Kingdom. (Photo by Alex Livesey/Getty Images)
Newcastle United (Foto: Alex Livesey/Getty Images)
London -

Klub Liga Premier Inggris, Newcastle dan West Ham menghentikan ritual jabat tangan untuk mencegah penyebaran virus corona. Upaya itu dilakukan menyusul terganggunya sejumlah acara olah raga karena virus corona.

"Ada ritual di sini bahwa setiap orang berjabat tangan dengan semua orang segera setelah kita bertemu satu sama lain setiap pagi - kita telah menghentikan itu atas saran dokter," kata manajer Newcastle, Steve Bruce dilansir dari AFP, Sabtu (29/2/2020).

"Kami seperti orang lain. Syukurlah, kami punya dokter yang hebat di sini dan dia akan memberi tahu kami apa yang harus kami lakukan," imbuhnya.

"Kita terpaku pada TV untuk ke mana itu akan pergi selanjutnya dan mari kita berharap itu tidak menjadi lebih buruk di negara ini."

Sementara bos West Ham, David Moyes mengatakan pemainnya telah diberikan gel tangan. Dia juga sepakat dengan larangan berjabat tangan untuk sementara waktu.

"Kami juga sepakat untuk tidak berjabat tangan saat ini, hanya gundukan saja," katanya.

"Jika kita mencetak gol besok, tentu saja mereka akan bisa merayakannya," imbuh Moyes.

Manajer Liverpool Jurgen Klopp mengatakan bahwa klub menganggap serius ancaman virus corona tetapi tidak ada imbauan untuk tidak berjabat tangan dengan klub saat ini.

"Kami tidak melakukan beberapa hal yang mungkin biasa kami lakukan, tetapi saat itulah flu menyebar, itu sama bagi kami," katanya dalam konferensi pers pra-pertandingan.

"Kami tidak dapat melakukan hal yang berbeda dari itu. Pada akhirnya belum ada yang memberi tahu kami bahwa kami tidak harus bermain sepak bola, selama itu tidak terjadi, kami akan bermain sepak bola, yang merupakan olah raga kontak, jangan lupa," ujarnya.

Simak juga video Jackie Chan Dikabarkan Terinfeksi Corona, Ini Faktanya:

[Gambas:Video 20detik]

(mae/ibh)