Cegah Virus Corona, Gereja Ortodoks Rumania Minta Jemaat Tak Cium Ikon Gereja

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Sabtu, 29 Feb 2020 03:41 WIB
Gereja Ortodoks Rumania (AFP/DANIEL MIHAILESCU)
Foto: Gereja Ortodoks Rumania (AFP/DANIEL MIHAILESCU)
Bukares -

Gereja Ortodoks Rumania mengambil 'langkah-langkah luar biasa' terhadap virus corona baru (COVID-19). Mereka menasihati para jemaatnya untuk meninggalkan gereja jika mereka memiliki gejala dan memungkinkan mereka untuk menghindari mencium ikon Gereja.

Dilansir AFP, Jumat (28/2/2020), sekitar 86 persen warga Rumania merupakan penganut Gereka Ortodoks. Gereja Ortodoks dikenal sebagai lembaga konservatif yang biasanya tidak menyetujui penyimpangan dari tradisi semacam itu.

"Mereka yang takut sakit untuk sementara waktu dapat menghindari mencium ikon di gereja, tetapi mereka bisa mencium ikon di rumah mereka sendiri," kata Gereja.

Para jemaat juga diperbolehkan meminta imam untuk menggunakan sendok mereka sendiri dalam Perjamuan Kudus dan tidak membagikannya seperti biasanya. Selain itu, mereka yang terlalu sakit untuk datang ke misa disarankan untuk minum air suci, yang disimpan dalam botol sejak Epifani pada awal Januari.

Beberapa ahli mengatakan pengumuman yang disampaikan pada hari Jumat itu dapat memicu reaksi dari tradisionalis, meskipun keadaan luar biasa.

Sementara, menurut Uskup Agung Bucharest Aurel Perca, minoritas Katolik di negara itu - yang berjumlah 4,6 persen dari populasi - juga telah disarankan untuk menghindari menyentuh kolam air suci dan berjabatan tangan selama misa.

Seperti diketahui, Rumania telah melaporkan dua kasus baru virus corona. Sehingga, kini total kasus di negara itu menjadi tiga. Semua kasus sejauh ini terhubung ke Italia, tempat wabah penyakit terburuk di Eropa.

Tonton juga video Pulang dari Iran, Warga Selandia Baru Terinfeksi Corona:

[Gambas:Video 20detik]

(mae/ibh)