Cegah Corona, Israel Tolak Pelancong dari Italia

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 28 Feb 2020 04:26 WIB
Blood sample with respiratory coronavirus positive
Ilustrasi Coronavirus (Foto: iStock).
Tel Aviv -

Israel menolak pelancong asal Italia. Sikap tersebut adalah langkah antisipatif Israel agar tak ada penambahan kasus virus corona.

Diketahui, Israel mencatat tiga kasus virus COVID-19 yang terkonfirmasi positif. Tiga kasus yaitu dua dari kapal pesiar Diamond Princess, dan satu kasus seorang Israel yang berada di Italia utara.

Dikutip dari AFP, Kamis (27/2/2020), Kementerian Dalam Negeri Israel telah mengumumkan para pelancong dari Italia tidak akan diberikan izin masuk. Sebelum Italia, Pemerintah Israel melarang masuk Jepang, Korea Selatan, Thailand dan Singapura serta Makau dan Hong Kong.

Pada Kamis (27/2). tiga penerbangan dari Italia mendarat di Bandar Udara Ben Gurion di Tel Aviv. Kementerian Dalam Negeri Israel menyebut 25 orang, termasuk 19 warga Italia, yang mendarat dalam penerbangan dari Bergamo ditolak masuk. Mereka akan diterbangkan kembali.

Kemudian sebanyak 23 orang asing lainnya dalam penerbangan Easy Jet dari Italia juga diblokir untuk masuk. Israel juga telah mencegah warganya bepergian ke luar negeri.

"Perjalanan ke konferensi dan sidang internasional lainnya harus dihindari, termasuk perjalanan ke acara keagamaan di mana orang-orang dari banyak negara berkumpul," kata Kementerian Kesehatan Israel.

(aik/aud)