Misterius! 1 Pasien Corona di California Tak Diketahui Sumber Penularannya

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 15:08 WIB
Antisipasi penyebaran virus corona yang kini memiliki nama resmi Covid-19 terus dilakukan di China. Warga disemprot desinfektan untuk menangkal virus tersebut.
Seorang warga China disemprot disinfektan untuk mencegah wabah virus corona (Chinatopix Via AP)
California -

Salah satu pasien virus corona di Amerika Serikat (AS) disebut memiliki sumber penularan yang masih misterius. Pasien ini diketahui tidak punya riwayat ke luar negeri dan tidak melakukan kontak dengan pasien corona lainnya.

Seperti dilansir Associated Press dan CNN, Kamis (27/2/2020) Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) baru melaporkan kasus virus corona tanpa sumber penularan yang jelas itu pada Rabu (26/2) waktu setempat. Pasien itu diketahui tengah dirawat di Sacramento County, California.

"Pasien ini tidak memiliki riwayat perjalanan yang relevan atau paparan ke pasien lain yang diketahui," sebut CDC dalam pernyataannya.

"Paparannya tidak diketahui," imbuh CDC.

Otoritas negara bagian California menyebut pasien itu merupakan warga Solano County yang ada di wilayah San Francisco bagian tenggara. Untuk sementara, kasus virus corona untuk pasien di California ini diduga kuat sebagai kasus yang menyebar secara lokal atau 'community spread'.

"Kasus ini mungkin menjadi contoh penyebaran masyarakat terkait Covid-19, yang akan menjadi pertama kalinya hal ini terjadi di Amerika Serikat," kata CDC. Diketahui bahwa penyebaran masyarakat atau 'community spread' berarti virus menyebar di dalam masyarakat dan sumber penularannya tak diketahui.

"Namun, mungkin juga pasien ini terpapar dari seorang pelancong yang terinfeksi, yang baru kembali," imbuh CDC.

Pasien yang sumber penularannya belum jelas ini disebut sebagai kasus ke-15 di AS.

Simak Juga Video "Deretan Konser di Indonesia yang Ditunda karena Virus Corona"

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2