Ada 60 Kasus Virus Corona di AS, Trump: Risikonya Sangat Rendah

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 13:45 WIB
Presiden AS Donald Trump
Donald Trump (AFP Photo/SAUL LOEB)
Washington DC -

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyebut risiko warga Amerika terinfeksi virus corona 'sangat rendah'. Menurut Trump, ini berkat langkah-langkah yang diambil pemerintah AS dalam memberlakukan larangan perjalanan bagi pelancong asal China.

Sejauh ini, otoritas AS telah mengonfirmasi sedikitnya 60 kasus virus corona di wilayahnya. Seperti dilansir Channel News Asia dan Associated Press, Kamis (27/2/2020), klaim tersebut disampaikan Trump saat mengumumkan langkah-langkah terbaru dalam menghadapi wabah virus corona yang kini merajalela di lebih dari 40 negara.

"Karena semua yang telah kita lakukan, risiko pada warga Amerika tetap sangat rendah," ucap Trump dalam konferensi pers, sembari menyebut bahwa keputusan yang diambilnya sempat 'diejek'.

Pemerintah AS meminta dana US$ 2,5 miliar dari Kongres AS, untuk mengembangkan perawatan, vaksin dan perlengkapan penting untuk persediaan nasional. "Kita siap beradaptasi dan kita siap untuk melakukan apapun yang harus dilakukan saat penyakitnya menyebar, jika memang menyebar," ucap Trump.

Trump juga mengumumkan penunjukan Wakil Presiden AS, Mike Pence, sebagai tsar yang memimpin respons AS menghadapi virus corona.

"Saya akan mengumumkannya saat ini bahwa saya akan menempatkan Wakil Presiden kita, Mike Pence, untuk memimpin. Mike akan bekerja bersama para profesional dan dokter dan semua orang yang bekerja dalam tim itu," cetusnya.

Simak Juga Video "Deretan Konser di Indonesia yang Ditunda karena Virus Corona"

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2