Mobil Tiba-tiba Tabrak Kerumunan Orang Saat Prosesi Karnaval di Jerman

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 25 Feb 2020 15:06 WIB
Ilustrasi: pembunuhan, mayat, bunuh diri, garis polisi, police line
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Berlin -

Beberapa orang terluka ketika sebuah mobil tiba-tiba menabrak kerumunan orang saat prosesi karnaval di Jerman. Pengemudi kendaraan tersebut telah ditangkap polisi.

Insiden itu terjadi di kota Volksmarsen, Jerman tengah pada Senin (24/2) waktu setempat. Juru bicara kepolisian kota Volksmarsen mengatakan bahwa masih terlalu dini untuk menyebut apakah pengemudi mobil memang sengaja menabrak kerumunan orang.

"Menurut laporan awal, beberapa orang terluka," kata kepolisian dalam sebuah statemen seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (25/2/2020). Tidak disebutkan mengenai identitas pengemudi mobil tersebut.



Menurut harian lokal, Waldeckische Zeitung yang mengutip saksi-saksi mata, sekitar 15 orang terluka dalam insiden itu, termasuk anak-anak kecil. Tidak disebutkan lebih detail mengenai identitas para korban.

Di banyak bagian di Jerman, warga tengah merayakan "Rose Monday", puncak perayaan karnaval tahunan di mana orang-orang dewasa dan anak-anak berdandan dan menghadiri parade di mana orang-orang bermain musik dan melempar permen dari pelampung.

Peristiwa ini terjadi di saat Jerman baru saja dilanda serangan penembakan brutal di kota Hanau, di negara bagian Hesse, yang menewaskan 10 orang pada Rabu (19/2) lalu.



Pria bersenjata itu, yang meninggalkan sebuah manifesto rasis, pertama kali melepaskan tembakan ke bar shisha dan sebuah kafe, menewaskan sembilan orang, sebelum kemudian menembak mati ibu dan dirinya sendiri.

Serangan teror paling mematikan di Jerman dalam sejarah baru-baru ini terjadi pada tahun 2016, ketika seorang militan mengendarai truknya dan menghantam kerumunan orang di pasar Natal Berlin yang ramai. Sebanyak 12 orang tewas dalam serangan itu.

(ita/ita)