Jadi PM Interim, Mahathir Kembali Bekerja di Kantor PM Malaysia

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 25 Feb 2020 09:59 WIB
Malaysias Prime Minister Mahathir Mohamad waves after granted an audience with the Malaysias King Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah at the National Palace in Kuala Lumpur, on Monday, Feb. 24, 2020. Mahathir has resigned as the Malaysias 7th Prime Minister on Feb. 24, 2020. (AP Photo/FL Wong)
Mahathir Mohamad usai menemui Raja Malaysia pada Senin (24/2) setelah dirinya mengajukan pengunduran diri (AP Photo/FL Wong)
Putrajaya -

Usai pengunduran dirinya diterima Raja Malaysia, Mahathir Mohamad tampak kembali ke kantor Perdana Menteri (PM) Malaysia di Putrajaya pada Selasa (25/2) pagi waktu setempat. Mahathir kembali bekerja di kantornya karena dia ditunjuk menjadi PM interim atau sementara oleh Raja Malaysia.

Seperti dilansir media lokal Malaysia, The Star, Selasa (25/2/2020), kendaraan yang membawa Mahathir terlihat memasuki gerbang kantor PM Malaysia atau yang biasa disebut Perdana Putra, pada pukul 09.29 waktu setempat.

Pernyataan Kepala Sekretaris Pemerintahan, Mohd Zuki Ali, pada Senin (24/2) kemarin menyatakan bahwa Raja Malaysia, Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah, menerima pengunduran diri yang diajukan Mahathir yang sebelumnya memegang rekor sebagai PM tertua di dunia dengan usia 94 tahun.

Namun, Sultan Abdullah juga menunjuk Mahathir sebagai PM interim yang akan memimpin pemerintahan Malaysia hingga PM yang baru ditunjuk nantinya oleh Sultan Abdullah sendiri dan kabinet yang baru terbentuk. Tidak diketahui berapa lama Mahathir akan menjabat sebagai PM interim.

Diketahui bahwa Mahathir menjadi satu-satunya yang tersisa dari koalisi Pakatan Harapan (PH) yang menguasai pemerintahan Malaysia sejak pemilu 2018 lalu.

Dengan diterimanya pengunduran diri Mahathir oleh Sultan Abdullah, maka seluruh anggota kabinet sebelumnya -- atau jajaran menteri pada pemerintahan PH -- secara otomatis dicopot dari jabatannya.

Simak Video "Suhu Politik di Malaysia Memanas"

Selanjutnya
Halaman
1 2