Usai Temui Raja Malaysia, Mahathir Hanya Tersenyum

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 24 Feb 2020 18:22 WIB
Tun Dr Mahathir Mohamad waves as he leaves Istana Negara on February 24, 2020. -AFP
Mahathir Mohamad hanya tersenyum dan melambaikan tangan saat meninggalkan Istana Negara usai bertemu Raja Malaysia (AFP)
Kuala Lumpur -

Mahathir Mohamad yang mengajukan pengunduran diri dari jabatannya sebagai Perdana Menteri (PM) Malaysia, telah selesai menemui Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah di Istana Negara di Kuala Lumpur, Malaysia.

Seperti dilansir media lokal Malaysia, The Star, Senin (24/2/2020), Mahathir tidak memberikan pernyataan apapun usai pertemuan dengan Raja Malaysia yang berakhir sekitar pukul 18.20 waktu setempat tersebut. Dilaporkan sebelumnya bahwa Mahathir tiba di Istana Negara pada pukul 16.40 waktu setempat.

Laporan The Star menyebut Mahathir hanya tersenyum dan melambaikan tangan ke arah wartawan saat meninggalkan Istana Negara. Tidak diketahui secara jelas apa saja yang dibahas dalam pertemuan itu, tentunya selain pengunduran diri Mahathir.

Kedatangan Mahathir ke Istana Negara menjadi kemunculan publik pertama usai dia mengumumkan pengunduran dirinya yang mengejutkan banyak pihak.

Kantor PM Malaysia dalam pernyataannya menyebut surat pengunduran diri Mahathir diserahkan kepada Sultan Abdullah pada Senin (24/2) siang, sekitar pukul 13.00 waktu setempat, sebelum dia menemui Raja Malaysia itu.

Keputusan akhir ada di tangan Sultan Abdullah, apakah akan menerima pengunduran diri Mahathir atau memintanya tetap menjabat. Sesuai konstitusi negara tersebut, Raja Malaysia memiliki kekuasaan mutlak terkait pemilihan PM Malaysia dan terkait pembubaran parlemen.

Tonton video Suhu Politik di Malaysia Memanas:

[Gambas:Video 20detik]

(nvc/ita)