Israel Konfirmasi Kasus Pertama Virus Corona

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 22 Feb 2020 04:54 WIB
Proses karantina penumpang pesiar Diamond Princess di Jepang telah berakhir Rabu (19/2) lalu. Sejumlah penumpang yang negatif corona mulai tinggalkan Jepang.
Foto: Ilustrasi (AP Photo/Jae C. Hong).
Yerusalem -

Israel mengonfirmasi kasus pertama virus corona di negara mereka. Kasus itu muncul dari seorang warga negara Israel yang baru kembali dari Jepang setelah dikarantina di kapal pesiar Diamond Princess.

"Salah satu penumpang yang kembali dari kapal pesiar di Jepang dites positif dalam pemeriksaan oleh laboratorium pusat kementerian kesehatan," bunyi pernyataan kementerian itu seperti dikutip dari AFP, Sabtu (22/2/2020).

Ada 15 orang warga Israel di antara para penumpang yang dikarantina di kapal Diamond Princess itu. 11 orang telah pulang ke rumah. Penumpang lain yang dites dinyatakan negatif virus corona.

Warga Israel yang sudah pulang kini dikarantina selama 14 hari di Rumah Sakit Sheba di pusat kota Tel Hashomer.

Sebelumnya, di awal bulan ini Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan 'tidak terhindarkan' bahwa wabah COVID-19 yang dimulai di Tiongkok akan mencapai Israel. Dia mendesak otoritas kesehatan fokus mengembangkan vaksin.

Akhir Januari lalu, pemerintah melarang semua penerbangan dari Tiongkok mendarat di Israel. Bulan ini, Israel juga mulai menolak masuk warga negara asing yang telah mengunjungi Hong Kong, Makau, Singapura atau Thailand selama dua minggu terakhir.

Ada 270 WNI di Kapal Pesiar yang Ditolak Bersandar di Bintan:

[Gambas:Video 20detik]

(gbr/dnu)