Jepang Pindahkan Penumpang Tersisa di Diamond Princess ke Fasilitas Khusus

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 21 Feb 2020 16:12 WIB
Kapal pesiar Diamond Princess masih dikarantina di Jepang akibat wabah virus corona. Yuk lihat aktivitas para penumpang kapal pesiar tersebut.
Para penumpang kapal pesiar Diamond Princess yang negatif virus corona mulai diturunkan sejak Rabu (19/2) hingga Jumat (21/2) ini (AP Photo/Jae C Hong)
Tokyo -

Otoritas Jepang menurunkan kelompok terakhir untuk para penumpang kapal pesiar Diamond Princess yang dinyatakan negatif virus corona. Para penumpang yang masih tersisa di dalam kapal pesiar masih akan dikarantina lebih lanjut.

Seperti dilansir Associated Press, Jumat (21/2/2020), Kementerian Kesehatan Jepang dalam pernyataannya menyebut para penumpang yang negatif virus corona, namun pernah melakukan kontak dekat dengan orang-orang yang positif virus corona di dalam kapal, masih harus menjalani karantina lanjutan.

Masa karantina mereka akan direset dan dihitung ulang sejak tanggal mereka melakukan kontak dengan orang positif corona itu. Diketahui bahwa kapal pesiar Diamond Princess telah selesai dikarantina selama dua pekan sejak awal Februari lalu.

Karantina lanjutan itu akan dilakukan di sebuah fasilitas yang disediakan pemerintah Jepang. Tidak disebut lebih lanjut lokasi fasilitas tersebut.

"Bagi para penumpang yang telah melakukan kontak dekat (dengan mereka yang positif virus corona) dan telah dinyatakan negatif (virus corona) akan dipindahkan ke sebuah fasilitas khusus dan menghabiskan waktu mereka di sana hingga periode pengamatan medis selama 14 hari berakhir," sebut Menteri Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Jepang, Katsunobu Kato, dalam konferensi pers terbaru.

Tidak disebut lebih lanjut mengenai jumlah penumpang yang akan menjalani karantina lanjutan.

Simak Video "Pemerintah Masih Bahas Cara Pulangkan WNI di Kapal Pesiar Jepang"

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2