International Updates

76 Ribu Orang Terinfeksi Corona, 2 Penumpang Kapal Pesiar Meninggal

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 20 Feb 2020 18:42 WIB
Workers wearing protective gears spray disinfectant against the new coronavirus in front of a church in Daegu, South Korea, Thursday, Feb. 20, 2020. The mayor of the South Korean city of Daegu urged its 2.5 million people on Thursday to refrain from going outside as cases of the new virus spike. (Kim Jun-beom/Yonhap via AP)
Petugas dengan pakaian pelindung menyemprotkan disinfektan di kawasan kota Daegu, Korsel, di tengah lonjakan kasus virus corona (Kim Jun-beom/Yonhap via AP)

- Buronan Skandal 1MDB Sempat Terdeteksi di Kota Pusat Wabah Corona

Pengusaha Malaysia yang menjadi buron skandal mega korupsi 1MDB, Jho Low, dilaporkan sempat terdeteksi di kota Wuhan, China, yang kini menjadi pusat wabah virus corona. Tidak diketahui jelas apakah Jho Low sudah meninggalkan kota Wuhan sebelum otoritas China memberlakukan karantina massal.

Seperti dilansir AFP dan CNN, Kamis (20/2/2020), Low Taek Jho alias Jho Low dituduh memainkan peranan besar dalam skandal mega korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB) yang menyeret mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Najib Razak. Dia diduga merampas dana miliaran dolar Amerika dari 1MDB.

Uang negara milik Malaysia yang dirampas Jho Low dan komplotannya digunakan untuk membeli yacht mewah hingga karya seni mahal. Jho Low, melalui pengacaranya, telah membantah terlibat skandal tersebut. Dia telah sejak lama diburu otoritas Malaysia dan kerap dirumorkan bersembunyi di China.

"Sebelumnya, kami menerima informasi intelijen yang menyebutkan dia aktif di Wuhan," sebut Kepala Kepolisian Nasional Malaysia, Abdul Hamid Bador, dalam konferensi pers.

Diketahui bahwa Wuhan kini menjadi pusat wabah virus corona atau Covid-19 yang muncul sejak Desember 2019 dan menyebar ke puluhan wilayah lainnya di China daratan dan sedikitnya 26 negara lainnya. Sejauh ini, lebih dari 2.100 orang meninggal dunia akibat virus corona secara global.

Abdul Hamid menyatakan otoritas Malaysia tidak memiliki informasi soal apakah Jho Low sudah meninggalkan kota Wuhan saat wabah virus corona mewabah. "Tidak ada informasi baru soal apakah dia (Jho Low) telah meninggalkan negara itu usai wabah Covid-19," ucapnya.

- Pria di Australia Bakar Mobil, Istri dan 3 Anaknya Tewas

Seorang pria di Australia diduga membunuh istri dan tiga anaknya sendiri, sebelum dia ditemukan tewas. Pria yang mantan pemain rugby profesional ini diduga sengaja membakar mobil yang ditumpangi istri dan anak-anaknya di pinggiran Brisbane.

Seperti dilansir AFP, Kamis (20/2/2020), Rowan Baxter (42) yang merupakan mantan pemain Liga Rugby untuk New Zealand Warriors, ditemukan tewas dengan luka tusukan di tubuhnya. Laporan media lokal, The Australian, menyebut Baxter menuangkan bensin ke mobil yang ditumpangi keluarganya lalu membakarnya.

Istrinya, Hannah Baxter (31), dinyatakan meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Brisbane pada Rabu (19/2) waktu setempat. Beberapa jam sebelumnya, ketiga anak Baxter dan Hannah ditemukan tak bernyawa di dalam sebuah mobil yang hangus terbakar di pinggiran Brisbane. Ketiga anak itu berusia 3 tahun, 4 tahun dan 6 tahun.

Menurut The Australian, Hannah sempat melompat keluar dari mobilnya yang terbakar dan berguling di aspal sambil berkata: "Dia menuangkan bensin ke saya."

Otoritas setempat menyebut Hannah dilarikan ke rumah sakit dengan luka bakar parah di tubuhnya. Namun sayang, nyawanya tidak berhasil diselamatkan.

Laporan media Australia lainnya, ABC, melaporkan bahwa Baxter ada di dalam kendaraan yang terbakar, namun berhasil keluar sebelum tewas di trotoar. Laporan lainnya menyebut Baxter tewas karena luka tusukan yang disebabkan oleh dirinya sendiri.

Halaman

(nvc/nvc)