2 Penumpang Kapal Pesiar di Jepang Meninggal Akibat Virus Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 20 Feb 2020 10:42 WIB
The quarantined Diamond Princess cruise ship is anchored at a port in Yokohama, near Tokyo Wednesday, Feb. 19, 2020. The passengers tested negative for COVID-19 will start disembarking Wednesday. (Yuta Omori/Kyodo News via AP)
Kapal pesiar Diamond Princess telah selesai dikarantina selama dua minggu dan penumpang mulai diturunkan secara bertahap sejak Rabu (19/2) waktu setempat (Yuta Omori/Kyodo News via AP)
Tokyo -

Dua pasien virus corona di Jepang dilaporkan meninggal dunia. Keduanya diketahui terinfeksi virus corona saat berada di dalam kapal pesiar Diamond Princess yang sempat dikarantina di pelabuhan Yokohama.

Seperti dilansir AFP, Kamis (20/2/2020), kabar meninggalnya dua pasien dari kapal pesiar Diamond Princess ini dilaporkan oleh media nasional Jepang, NHK, yang mengutip sumber pemerintah Jepang. Ini menjadi kematian pertama dari kapal pesiar ini dan kematian kedua akibat virus corona di Jepang.

Laporan NHK menyebut dua pasien yang meninggal dunia pada Kamis (20/2) waktu setempat merupakan seorang kakek dan seorang nenek yang sama-sama berusia sekitar 80-an tahun. Identitas dan asal kewarganegaraan keduanya tidak disebut lebih lanjut. Belum ada penjelasan resmi dari otoritas Jepang terkait kedua pasien.

Keduanya dinyatakan positif terinfeksi virus corona saat berada di dalam kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di Yokohama sejak awal Februari hingga Rabu (19/2) kemarin. Sejauh ini, total ada 621 kasus virus corona yang terkonfirmasi dari kapal pesiar yang membawa lebih dari 3.700 orang tersebut.

Kasus virus corona di kapal pesiar Diamond Princess menjadi kasus cluster virus corona terbesar kedua di luar China daratan yang menjadi pusat wabah ini.

Pemerintah Jepang menuai kritikan atas prosedur karantina di dalam kapal pesiar tersebut. Menteri Kesehatan Jepang, Katsunobu Kato, menegaskan di hadapan parlemen bahwa pemerintah telah mengikuti saran dari para ahli dan merespons setiap kasus yang muncul setiap harinya.

Dengan adanya dua kematian baru, maka sejauh ini jumlah korban meninggal akibat virus corona di Jepang menjadi tiga orang. Otoritas Jepang mengonfirmasi 84 kasus lainnya, selain kasus di kapal pesiar Diamond Princess. Dengan demikian, menurut NHK, sejauh ini 705 kasus virus corona terkonfirmasi di wilayah Jepang.

Meninggalnya dua penumpang kapal pesiar Diamond Princess ini semakin menambah jumlah korban meninggal akibat virus corona secara global, yang sejauh ini mencapai 2.128 orang. Sebanyak 9 orang di antaranya meninggal dunia di luar wilayah China daratan. Lebih dari 76 ribu orang terinfeksi virus corona di berbagai negara.

Favilavir, Antivirus Pertama yang Disetujui Lawan Virus Corona Baru:

[Gambas:Video 20detik]

(nvc/hri)