Kabur dari Karantina Virus Corona, Wanita Rusia Diperintahkan Balik ke RS

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 14:53 WIB
Wabah virus corona telah ditetapkan oleh WHO sebagai darurat global. Para ilmuwan di berbagai negara di dunia berlomba-lomba mengembangkan vaksin dari virus itu
Ilmuwan dunia masih mengembangkan vaksin untuk virus corona yang merajalela (AP Photo)
Moskow -

Pengadilan di Rusia memerintahkan seorang wanita yang kabur dari karantina virus corona untuk kembali ke rumah sakit. Wanita ini diwajibkan untuk dikarantina lebih lanjut, setidaknya selama dua hari.

Seperti dilansir Associated Press, Selasa (18/2/2020), wanita bernama Alla Ilyina ini dibawa ke sebuah rumah sakit di kota St Petersburg, Rusia, pada 6 Februari lalu karena menderita radang tenggorokan dan untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut karena dia baru saja pulang dari China sekitar lima hari sebelumnya.

Namun keesokan harinya, Ilyina nekat kabur dari rumah sakit dengan merusak kunci elektronik yang ada di kamar perawatannya. Dia kabur setelah diberitahu bahwa dia harus dikarantina selama 14 hari, bukannya 24 jam seperti yang dijanjikan dokter kepadanya.

Dalam postingan via Instagram, Ilyina menyatakan bahwa para dokter rumah sakit itu memberitahu dirinya bahwa hasil pemeriksaannya negatif virus corona, namun dia tetap harus dikarantina selama dua minggu.

"Parah," tulis Ilyina dalam postingannya. "Tiga hasil tes menunjukkan saya sungguh sehat, jadi kenapa harus dikarantina?" imbuhnya.

Kepada surat kabar lokal, Fontanka, Ilyina menuturkan bahwa kamar karantina yang ditempatinya memiliki suasana mengerikan -- tidak ada buku, tidak ada sampo, tidak ada Wi-Fi, hanya ada keranjang sampah yang tidak pernah dibuang isinya. Pintu kamar karantina itu juga dipasangi kunci elektronik. Karena merasa frustrasi, Ilyina mencari cara untuk merusak kunci elektronik tersebut.

Kaburnya Ilyina dari karantina ini membuat malu otoritas Rusia. Beberapa hari kemudian, kelompok pengawas kesehatan publik Rusia, Rospotrebnadzor, mengajukan gugatan hukum terhadap Ilyina dan meminta pengadilan untuk memerintahkan rawat inap wajib bagi Ilyina.

Simak Video "Kemlu Kontak Keluarga 3 WNI Kru Kapal Pesiar yang Positif Corona"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2