Lebih dari 12 Ribu Pasien Virus Corona Telah Sembuh di China

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 10:54 WIB
In this photo released by Chinas Xinhua News Agency, medical workers in protective suits help transfer the first group of patients into the newly-completed Huoshenshan temporary field hospital in Wuhan in central Chinas Hubei province. China said Tuesday the number of infections from a new virus surpassed 20,000 as medical workers and patients arrived at a new hospital and President Xi Jinping said
Petugas medis sedang membawa para pasien virus corona ke dalam rumah sakit Huoshenshan di Wuhan, Provinsi Hubei (Xiao Yijiu/Xinhua via AP)
Beijing -

Otoritas China mengumumkan jumlah pasien virus corona yang dinyatakan sembuh terus bertambah dan kini melampaui angka 12 ribu orang.

Seperti dilansir kantor berita China, Xinhua News Agency, Selasa (18/2/2020), Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) dalam laporan harian terbaru melaporkan 1.701 orang dipulangkan dari rumah sakit di wilayah China daratan sepanjang Senin (17/2) waktu setempat.

Sekitar 1.223 pasien di antaranya dipulangkan dari rumah sakit di Provinsi Hubei yang menjadi pusat wabah virus corona.

Secara total, menurut NHC, sudah 12.552 orang dinyatakan sembuh dan dipulangkan dari rumah sakit di wilayah China daratan. Sekitar 7.862 orang dinyatakan sembuh di Provinsi Hubei.

Otoritas kesehatan China, seperti dilansir Channel News Asia, mengimbau para pasien yang sembuh untuk mendonorkan darahnya agar plasma mereka bisa diekstrak untuk merawat para pasien lainnya yang masih sakit, khususnya yang dalam kondisi kritis.

Dituturkan seorang pejabat dari NHC bahwa plasma dari pasien yang telah sembuh dari virus corona, khusus pneumonia yang dipicu virus ini, disebut mengandung antibodi yang bisa membantu mengurangi muatan virus di dalam tubuh pasien yang masih sakit.

Jumlah total virus corona di wilayah China daratan saat ini berada di angka 72.436 kasus. Ditambah 889 kasus lainnya di 26 negara, maka total ada 73.325 kasus virus corona yang terkonfirmasi secara global.

Hingga Selasa (18/2) waktu setempat, sudah 1.873 orang meninggal dunia akibat virus corona secara global. Sebagian besar kasus ada di wilayah China daratan dengan 1.868 kasus. Lima orang lainnya meninggal dunia di Filipina, Hong Kong, Jepang, Prancis dan Taiwan.

Simak Video "Tembus 1.800 Orang Tewas Akibat Virus Corona"

[Gambas:Video 20detik]

(nvc/ita)