1 Orang Positif Corona, Kamboja Lacak Penumpang yang Turun dari Kapal Pesiar

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 17 Feb 2020 18:10 WIB
Passengers of the MS Westerdam, owned by Holland America Line disembark from the MS Westerdam, at the port of Sihanoukville, Cambodia, Saturday, Feb. 15, 2020. After being stranded at sea for two weeks because five ports refused to allow their cruise ship to dock, the passengers of the MS Westerdam were anything but sure their ordeal was finally over. (AP Photo/Heng Sinith)
Sebagian besar penumpang kapal pesiar MS Westerdam telah diperbolehkan turun di Kamboja (AP Photo/Heng Sinith)
Phnom Penh -

Otoritas Kamboja dan operator kapal pesiar MS Westerdam berpacu dengan waktu untuk melacak ratusan penumpang yang telah turun dari kapal pesiar itu di Kamboja. Pelacakan dilakukan setelah satu penumpang, yang telah terbang ke Malaysia, dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Seperti dilansir AFP, Senin (17/2/2020), kapal pesiar MS Westerdam berlayar tak jelas selama dua pekan di lautan usai dilarang berlabuh oleh Jepang, Guam, Filipina, Taiwan dan Thailand di tengah kekhawatiran wabah virus corona. Otoritas Kamboja akhirnya mengizinkan kapal pesiar itu berlabuh pada Kamis (13/2) waktu setempat.

Begitu kapal pesiar berlabuh di Sihanoukville, otoritas Kamboja melakukan pemeriksaan suhu tubuh terhadap semua penumpang sebelum mereka turun kapal untuk kembali ke negara masing-masing dengan pesawat. Disebutkan ada sekitar 2.200 orang di dalam kapal pesiar milik operator Holland America tersebut.

Namun satu orang yang tiba di Malaysia pada Sabtu (15/2) waktu setempat, dicegat petugas Bandara Kuala Lumpur setelah terdeteksi menderita demam. Hasil pemeriksaan menunjukkan orang itu positif virus corona. Otoritas Malaysia menginformasi orang itu merupakan salah satu penumpang kapal pesiar MS Westerdam yang berlabuh di Kamboja pada Kamis (13/2) lalu.

Disebutkan juga oleh otoritas Malaysia bahwa pasien virus corona itu merupakan seorang nenek asal Amerika Serikat (AS) yang berusia 83 tahun. Kini, nenek itu tengah menjalani perawatan di sebuah rumah sakit di Malaysia. Suami nenek itu, yang berusia 85 tahun, juga ikut dipantau kondisinya.

Diketahui bahwa ada 137 penumpang kapal pesiar MS Westerdam turun dari kapal dan melanjutkan penerbangan ke Malaysia dengan pesawat yang sama dengan nenek itu. Mereka dilaporkan telah melanjutkan perjalanan dengan penerbangan komersial lainnya ke tujuan lain, yang tidak disebut lebih lanjut.

Simak Video "Pulang dari Singapura, Kakek di Bangka Suspect Virus Corona"

Selanjutnya
Halaman
1 2