Kapal Pesiar Bawa 650 WN AS Boleh Berlabuh, Trump Apresiasi ke Kamboja

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 15 Feb 2020 13:56 WIB
A Cambodian man holds his national flag in front of the MS Westerdam, owned by Holland America Line, dockked at the port of Sihanoukville, Cambodia, Friday, Feb. 14, 2020. Hundreds of cruise ship passengers long stranded at sea by virus fears cheered as they finally disembarked Friday and were welcomed to Cambodia. (AP Photo/Heng Sinith)
Kapal pesiar MS Westerdam setelah berlabuh di Sihanoukville, Kamboja (AP Photo/Heng Sinith)
Washington DC -

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berterima kasih kepada pemerintah Kamboja karena mengizinkan kapal pesiar MS Westerdam berlabuh di perairannya. Kapal yang membawa lebih dari 2.200 orang, termasuk 650 warga AS, ini sempat ditolak empat negara karena kekhawatiran wabah virus corona.

Seperti dilansir CNN dan Reuters, Sabtu (15/2/2020), ucapan terima kasih Trump ini menjadi pesan langka AS untuk negara yang merupakan sekutu dekat China. Diketahui juga bahwa Kamboja dan AS sering berkonflik.

"Terima kasih untuk negara yang indah, Kamboja, karena menerima kapal Westerdam milik Carnival Cruise ke pelabuhan Anda. Amerika Serikat akan selalu ingat kebaikan Anda!" ucap Trump dalam pernyataan via akun Twitter-nya.

Kapal pesiar MS Westerdam ini ditolak oleh otoritas Jepang, Filipina, Taiwan, dan Thailand meskipun operatornya, Holland America Line, menegaskan tidak ada kasus virus corona atau COVID-19 yang terkonfirmasi di dalam kapal tersebut. Terdapat 2.257 orang yang terdiri atas 1.455 penumpang dan 802 awak di dalam kapal ini.

Pada Kamis (13/2) waktu setempat, kapal pesiar ini diizinkan berlabuh di perairan berjarak 1 kilometer dari pelabuhan utama Sihanoukville, Kamboja. Perdana Menteri (PM) Kamboja, Hun Sen, memberikan persetujuan bagi penumpang kapal pesiar itu untuk turun di wilayahnya.

Para penumpang di dalam kapal pesiar itu telah mulai diturunkan pada Jumat (14/2) waktu setempat, untuk selanjutnya dipulangkan ke negara masing-masing.

Para penumpang kapal pesiar MS Westerdam diperbolehkan turun di KambojaPara penumpang kapal pesiar MS Westerdam diperbolehkan turun di Kamboja Foto: AP Photo/Heng Sinith

Tonton juga PM Kamboja Sambut Kapal Pesiar yang Ditolak Karena Geger Corona :

Selanjutnya
Halaman
1 2