Lebih dari 25 Ribu Personel Medis China Dikirim ke Pusat Wabah Virus Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 15 Feb 2020 12:35 WIB
Virus corona yang menyebar di wilayah Wuhan, China, membuat sejumlah warganya terjangkit dan harus dievakuasi ke rumah sakit. Tim medis pun bantu evakuasi warga
Tim medis yang menangani wabah virus corona di kota Wuhan, Provinsi Hubei (Chinatopix via AP)
Beijing -

Otoritas China telah mengirimkan total lebih dari 25 ribu personel medis ke Provinsi Hubei untuk membantu memerangi wabah virus corona. Dari jumlah itu, sebagian besar dikerahkan ke kota Wuhan yang menjadi lokasi awal munculnya virus corona.

Seperti dilansir kantor berita China, Xinhua News Agency, Sabtu (15/2/2020), Wakil Direktur Komisi Kesehatan Nasional China (NHC), Wang Hesheng, menyebut total ada 217 tim medis yang beranggotakan 25.633 petugas medis yang telah dikirimkan ke Provinsi Hubei. Jumlah itu tercatat hingga Jumat (14/2) waktu setempat.

"Jumlah total petugas medis sejauh ini melampaui personel untuk misi penyelamatan gempa bumi Wenchuan tahun 2008, dan kami melakukannya (perawatan) dengan jauh lebih cepat," ujar Wang dalam konferensi pers via video di Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei.

Disebutkan Wang bahwa sekitar 20.734 personel di antaranya kini bekerja memerangi virus corona di kota Wuhan.

Wang yang juga anggota Standing Committee Partai Komunis untuk Provinsi Hubei, menekankan bahwa jumlah itu belum termasuk jumlah tenaga medis yang dikerahkan militer China.

Sejauh ini, militer China telah mengirimkan total 4 ribu tenaga medis dalam tiga tahap ke kota Wuhan. Pengerahan terbaru yang melibatkan sebanyak 2.600 tenaga medis, dilakukan pada Kamis (13/2) waktu setempat.

Tonton juga 6 Petugas Medis di China Tewas Akibat Virus Corona :

Selanjutnya
Halaman
1 2