1 Pria Jepang Positif Virus Corona Usai Berlibur ke Hawaii

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 15 Feb 2020 11:50 WIB
Otoritas Jepang mengumumkan ada 41 orang lainnya yang dinyatakan positif virus corona di dalam kapal pesiar yang sedang dikarantina di Yokohama.
Sebagian besar kasus virus corona yang terkonfirmasi di Jepang muncul dari kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di Yokohama (AP Photo)
Honolulu -

Seorang pria asal Jepang positif terinfeksi virus corona setelah pulang dari liburan ke Hawaii, Amerika Serikat (AS). Sejauh ini total ada 259 kasus virus corona yang terkonfirmasi di wilayah Jepang.

Seperti dilansir Associated Press, Sabtu (15/2/2020), otoritas kesehatan Hawaii tengah melacak detail soal riwayat perjalanan pria yang tidak disebut identitasnya itu. Mereka juga mencari informasi penerbangan pria itu dan orang-orang yang melakukan kontak dekat dengannya.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) telah memberi tahu otoritas negara bagian Hawaii soal pria Jepang yang dinyatakan positif virus corona atau Covid-19 pada Jumat (14/2) pagi waktu setempat.

Direktur Otoritas Kesehatan Hawaii, Bruce Anderson, dalam pernyataannya menyebut pria Jepang itu berada di Hawaii antara 28 Januari hingga 7 Februari. Dia awalnya mengunjungi Pulau Maui dan saat itu belum mengalami gejala-gejala apapun.

Selanjutnya, pria itu mengunjungi Oahu yang merupakan pulau paling padat penduduk di Hawaii. Selama berada di Oahu antara 3-7 Februari, pria Jepang ini menderita gejala-gejala masuk angin, namun tidak mengalami demam.

Anderson menyebutkan bahwa pria ini mengalami gejala-gejala lebih serius setibanya kembali di Jepang. Setibanya di Jepang, pria ini menjalani pemeriksaan dan hasilnya menyatakan dia positif virus corona. Ditambahkan Anderson bahwa pria itu tidak mencari pengobatan selama berada di Hawaii.

Tonton juga Wajah Virus Corona SARS-CoV-2 di Mikroskop Elektron :

Selanjutnya
Halaman
1 2