Jepang Turunkan Penumpang Lanjut Usia dari Kapal Pesiar Diamond Princess

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 12:54 WIB
Jumlah orang yang positif virus corona di kapal pesiar Diamond Princess di Jepang bertambah jadi 218 orang. Sebelumnya diketahui ada 175 orang positif virus itu
Foto: Getty Images/Carl Court
Tokyo -

Sejumlah penumpang lanjut usia yang hasil tesnya negatif corona, akan mulai diturunkan dari kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di Yokohama, Jepang. Otoritas Jepang hari ini bersiap untuk memindahkan mereka ke penginapan yang ditunjuk pemerintah.

Pemindahan ini terjadi sehari setelah jumlah kasus terkonfirmasi virus corona di Diamond Princess meningkat menjadi 218, yang memicu kekhawatiran akan kesehatan sebagian dari ratusan penumpang kapal yang berumur 80 tahun atau lebih.

Menteri Kesehatan Katsunobu Kato mengatakan kepada wartawan, bahwa para penumpang yang ingin meninggalkan kapal akan dibawa pada Jumat (14/2) sore waktu setempat, meskipun rincian berapa banyak yang akan dibawa dan ke mana mereka akan dibawa masih belum jelas.



Pejabat senior Kementerian Kesehatan Gaku Hashimoto naik ke kapal tersebut pada Jumat pagi waktu setempat untuk mengumumkan bahwa semua penumpang "yang dianggap berisiko tinggi dalam kesehatan umum" akan dites virus corona.

"Mereka yang hasil tesnya positif akan dipindahkan ke rumah sakit. Mereka yang tesnya negatif akan -- atas permintaan individu -- akan turun dan dipindahkan ke akomodasi yang disediakan oleh pemerintah," katanya dalam sebuah pernyataan dalam bahasa Inggris yang dibacakan oleh kapten kapal dalam siaran publik.

Selanjutnya
Halaman
1 2