Bangladesh Tangkap 9 Pelaku TPPO Usai Kapal Bawa Pengungsi Rohingya Karam

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 02:10 WIB
Pengungsi Rohingya yang melarikan diri dari Myanmar berjuang untuk melewati perbatasan di Palang Khali, Bangladesh. (16/10/2017)
Pengungsi Rohingya (Foto: REUTERS/Zohra Bensemra)
Jakarta -

Polisi Bangladesh menangkap 9 tersangka pelaku perdagangan orang. Penangkapan itu terjadi setelah kapal yang membawa pengungsi Rohingya menuju Malaysia tenggelam.

Dilansir AFP pada, Jumat (14/2/2020), sebanyak 73 orang berhasil dievakuasi dan belasan orang dinyatakan hilang setelah kapal yang membawa 138 pengungsi Rohingya karam. Kapal itu tenggelam di Bangladesh selatan pada Selasa (11/2) waktu setempat.



Polisi setempat mengatakan pihaknya telah lama memburu 19 tersangka pelaku perdagangan orang, 18 di antaranya adalah warga Bangladesh. Namun 9 orang tersangka ditangkap pada saat kapal tenggelam.

"Sembilan pelaku perdagangan manusia telah ditangkap dalam dua hari terakhir," kata Wakil Kepala Polisi Cox's Bazar, Ikbal Hossain, kepada AFP.

Mereka ditangkap di distrik sebelah tenggara Cox's Bazar di mana hampir satu juta orang Rohingya tinggal di kamp-kamp kumuh setelah banyak yang melarikan diri dari Myanmar di tengah penumpasan militer pada tahun 2017.

Tonton video Dua Jurnalis Investigasi Pembantaian Rohingya Dibebaskan:

Selanjutnya
Halaman
1 2