Tak Ada Corona di Korut Meski Dekat dengan China, WHO Kirim Pasokan Medis

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 18:29 WIB
Libur Tahun Baru Imlek telah berakhir sejak Senin (10/2) lalu. Warga mulai kembali ke Beijing dengan kenakan masker dan alat pelindung guna cegah virus corona.
Warga China memakai masker saat beraktivitas di tengah wabah virus corona (AP Photo/Andy Wong)
Pyongyang -

Belum ada laporan kasus virus corona di wilayah Korea Utara (Korut) meskipun negara-negara sekitarnya telah melaporkan banyak kasus. Namun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tetap mengirimkan pasokan medis ke negara tersebut.

Seperti dilansir CNN, Kamis (13/2/2020), perwakilan WHO untuk Korut, Edwin Ceniza Salvador, menyatakan sejauh ini belum ada kasus virus corona atau Covid-19 yang dilaporkan oleh Kementerian Kesehatan Korut. Ditegaskan Salvador bahwa WHO bekerja bersama seluruh negara anggota, termasuk Korut, dalam penanganan virus corona.

"(Korut) Sama seperti negara-negara lainnya, sedang mengambil langkah-langkah untuk melindungi kesehatan rakyatnya," sebut Salvador dalam pernyataannya kepada CNN.

Lebih lanjut, Salvador mengungkapkan bahwa WHO mengirimkan pasokan medis seperti reagen laboratorium dan perlengkapan pelindung seperti kaca mata pelindung, sarung tangan, masker dan pakaian pelindung ke Korut. Pengiriman itu, menurut Salvador, memenuhi permintaan Kementerian Kesehatan Publik Korut.

Diketahui bahwa sejak virus corona mewabah di China dan sedikitnya 20 negara lainnya, termasuk Korea Selatan (Korsel) dan Jepang, otoritas Korut selalu melaporkan setiap harinya soal upaya-upaya pencegahan infeksi virus tersebut.

Pada Rabu (12/2) waktu setempat, kantor berita resmi Korut, Korean Central News Agency (KCNA), melaporkan bahwa otoritas Korut sedang memperluas masa karantina dari 15 hari menjadi 30 hari.

Selanjutnya
Halaman
1 2