Lagi, China Pecat Pejabat Tinggi di Pusat Wabah Virus Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 12:54 WIB
Ganasnya virus corona menambah jumlah korban jiwa menjadi 1.113 orang di China pada Rabu (12/2). Berikut foto-foto ketatnya penanganan medis yang dilakukan.
Penanganan pasien virus corona di kota Wuhan (AP Photo)
Beijing -

Satu lagi pejabat tinggi di Provinsi Hubei, China, yang menjadi pusat wabah virus corona, dicopot dari jabatannya. Pencopotan ini terjadi di tengah meningkatnya kekhawatiran soal upaya-upaya dari otoritas setempat untuk menekan informasi soal kegawatan wabah ini.

Seperti dilaporkan Bloomberg dan dilansir The Star, Kamis (13/2/2020), Jiang Chaoliang dicopot dari jabatannya sebagai Sekretaris Partai Komunis untuk Provinsi Hubei. Pencopotan Jiang itu dikonfirmasi oleh kantor berita China, Xinhua News Agency.

Jiang akan digantikan oleh Ying Yong, Wali Kota Shanghai.

Alasan pencopotan Jiang tidak disebut lebih lanjut. Namun diketahui bahwa pemerintah pusat China merombak jajaran pejabat di Provinsi Hubei dan kota Wuhan di tengah wabah virus corona yang merajalela. Perombakan dilakukan usai pemerintah pusat China mengerahkan para pejabat tinggi dari Beijing ke Provinsi Hubei.

Perombakan semacam ini disebut mewakili kejatuhan politik terbesar akibat virus yang kini menewaskan 1.363 orang dan menginfeksi lebih dari 60 ribu orang secara global, serta memicu kemarahan di kalangan warga China sendiri.

Pekan lalu, dua pejabat senior Komisi Kesehatan Provinsi Hubei dipecat dari jabatannya dan dua pejabat senior dari pusat dikerahkan ke Provinsi Hubei untuk memimpin upaya penanggulangan virus corona.

Selanjutnya
Halaman
1 2