ADVERTISEMENT

Ngeri! Nyaris Terkena Rudal Suriah, Pesawat Komersial Mendarat Darurat

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 07 Feb 2020 16:57 WIB
Ilustrasi pesawat
Ilustrasi (iStock)
Damaskus -

Sebuah pesawat komersial yang terbang dari Teheran, Iran menuju Damaskus, Suriah terpaksa melakukan pendaratan darurat di salah satu pangkalan militer di Suriah. Penyebabnya, pesawat penumpang ini nyaris terkena serangan rudal yang dilepas sistem pertahanan udara Suriah saat akan mendarat.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (7/2/2020), insiden itu diungkapkan oleh Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataan terbaru.

Pesawat penumpang jenis Airbus A320 yang membawa 172 penumpang itu mendarat darurat di Pangkalan Udara Khmeimim, yang dikendalikan militer Rusia, di Latakia, Suriah pada Kamis (6/2) waktu setempat. Tidak disebut nama maskapai yang mengelola pesawat tersebut.

Disebutkan juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Igor Konashenkov, bahwa militer Suriah sedang merespons serangan udara Israel yang mengenai pinggiran ibu kota Damaskus saat insiden itu terjadi.

Dalam pernyataan terpisah, Kementerian Pertahanan Suriah mengakui bahwa sistem pertahanan rudal Suriah sedang menghalau sejumlah rudal Israel di atas wilayah Damaskus. Rudal-rudal Israel itu disebut ditembakkan ke target-target militer di wilayah Suriah bagian selatan.

Belum ada tanggapan resmi dari Israel terkait insiden ini.

Kronologi dan kondisi pesawat yang mendarat darurat itu tidak diketahui pasti. Hanya disebutkan bahwa pesawat penumpang itu baru akan mendarat di Bandara Internasional Damaskus saat terpaksa mengalihkan rute dan mendarat darurat di Pangkalan Udara Khmeimim, yang paling dekat dengan lokasinya saat itu.

Insiden ini terjadi sebulan setelah sebuah pesawat jenis Boeing 737-800 yang dioperasikan maskapai Ukraine International Airlines jatuh sesaat usai lepas landas dari Teheran, Iran. Belakangan terungkap pesawat ini terkena dua rudal Iran yang ditembakkan secara keliru akibat human error. Sedikitnya 176 penumpang dan awak di dalam pesawat itu tewas.

Simak Video "Turki-Suriah Makin Memanas!"

[Gambas:Video 20detik]

(nvc/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT