Virus Corona Merajalela, Rusia-Uzbekistan Evakuasi 470 Orang dari China

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 05 Feb 2020 18:19 WIB
A group of medical personnel prepare to meet 80 people, accompanied by medical specialists, carried by a Russian military plane at an airport outside Tyumen, Russia, Wednesday, Feb. 5, 2020. Russia has evacuated 144 people, Russians and nationals of Belarus, Ukraine and Armenia, from the epicenter of the coronavirus outbreak in Wuhan, China, on Wednesday. All evacuees will be quarantined for two weeks in a sanatorium in the Tyumen region in western Siberia, government officials said. (AP Photo/Maxim Slutsky)
Sejumlah petugas medis Rusia bersiap menyambut orang-orang yang dievakuasi dari China di tengah wabah virus corona (AP Photo/Maxim Slutsky)
Moskow -

Otoritas Rusia dan Uzbekistan mengevakuasi lebih dari 470 orang dari wilayah China di saat wabah virus corona merajalela. Sebagian besar dievakuasi dari kota Wuhan yang menjadi asal virus yang telah menewaskan 492 orang itu.

Seperti dilansir Associated Press, Rabu (5/2/2020), total ada 478 orang yang telah dievakuasi oleh Rusia dan Uzbekistan, dari China, karena wabah virus corona. Setibanya di Rusia dan Uzbekistan, ratusan orang itu akan dikarantina selama 14 hari ke depan.

Pada Rabu (5/2) waktu setempat, dua pesawat militer milik Rusia yang membawa 144 orang telah mendarat di Tyumen. Kedua pesawat itu tidak hanya berisi warga Rusia, tapi juga warga Belarus, Ukraina dan Armenia.

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan sejauh ini, tidak ada satupun penumpang kedua pesawat itu yang menunjukkan gejala terinfeksi virus corona.

Otoritas Rusia sebelumnya mengonfirmasi dua kasus virus corona di wilayahnya. Kedua pasien yang merupakan warga negara China itu tengah dikarantina di dua wilayah berbeda di Siberia.

Secara terpisah, otoritas Uzbekistan juga mengevakuasi total 334 warganya dari China, pekan ini. Sedikitnya 250 warga Uzbekistan dievakuasi dari Beijing pada Selasa (4/2) waktu setempat. Sekitar 84 orang lainnya dievakuasi dari Wuhan pada Rabu (5/2) waktu setempat.

Pesawat militer Rusia yang membawa orang-orang yang dievakuasi dari China di tengah wabah virus coronaPesawat militer Rusia yang membawa orang-orang yang dievakuasi dari China di tengah wabah virus corona Foto: AP Photo/Maxim Slutsky

Kemenkes: 285 WNI yang Diobservasi di Natuna dalam Keadaan Sehat:

Selanjutnya
Halaman
1 2