1 WN Malaysia Positif Corona Usai Bertemu Delegasi China di Singapura

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 04 Feb 2020 20:06 WIB
Virus corona jenis baru pertama kali ditemukan di kawasan Wuhan, China. Kawasan itu pun kini terisolasi untuk antisipasi penyebaran virus yang makin meluas.
Kondisi kota Wuhan yang dikarantina akibat wabah virus corona (Chinatopix via AP)
Kuala Lumpur -

Otoritas Malaysia mengonfirmasi satu warganya yang tidak pernah mengunjungi China, dinyatakan positif virus corona. Satu warga Malaysia ini diyakini tertular virus corona saat bepergian ke Singapura dan bertemu delegasi asal China di sana.

Seperti dilansir AFP, Selasa (4/2/2020), Menteri Kesehatan Malaysia, Dzulkefly Ahmad, dalam pernyataan terbaru menyebut pasien virus corona berusia 41 tahun ini mengunjungi Singapura selama satu pekan, mulai dari 16 Januari lalu. Di Singapura, dia menghadiri rapat yang juga dihadiri oleh delegasi dari China.

"Seorang korban Malaysia tidak pernah ke China. Dia bertemu delegasi China dari Wuhan di Singapura," sebut Direktur Jenderal Kesehatan pada Kementerian Kesehatan Malaysia, Noor Hisham Abdullah, kepada AFP.

Pria berusia 41 tahun yang tidak disebut identitasnya ini, terkonfirmasi sebagai warga Malaysia pertama yang terinfeksi virus corona yang berasal dari Wuhan, China. Sembilan pasien virus corona lainnya di Malaysia merupakan warga negara China yang datang dari Wuhan ke Malaysia.

Sejauh ini, total 427 orang tewas akibat wabah virus corona, dengan sebagian besar kematian terjadi di wilayah China daratan. Dua orang di antaranya meninggal akibat virus corona di Filipina dan Hong Kong. Jumlah total kasus virus corona secara global, baik di China maupun 25 negara lainnya, mencapai 20.622 kasus.

Selanjutnya
Halaman
1 2