Presiden Ukraina: Iran Sejak Awal Tahu Pesawat Kami Kena Rudal

Jabbar Ramdhani, Jabbar Ramdhani - detikNews
Selasa, 04 Feb 2020 05:23 WIB
Otoritas Iran akhirnya memberikan pengakuan mengenai jatuhnya pesawat maskapai Ukraina di Iran. Mereka mengaku telah tak sengaja menembak jatuh pesawat tersebut.
Pesawat sipil Ukraina ditembak jatuh di Iran (AP Photo/Ebrahim Noroozi)
Kiev -

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menduga Iran sejak awal tahu bahwa rudalnya telah menyebabkan pesawat Boeing 737-800 Ukraine International Airlines (UIA) jatuh. Hal ini diungkapkan Zelensky setelah bocornya rekaman yang diduga berasal dari kontrol lalu lintas udara Iran.

Seperti dilansir AFP, Selasa (4/2/2020), rekaman itu ditayangkan di saluran TV Ukraina 1+1 pada Minggu (2/2). Dalam rekaman tersebut ada percakapan antara pengendali lalu lintas udara dan pilot pesawat lainnya pada saat insiden dijatuhkannya pesawat Ukraina pada Rabu (8/1) di mana 176 orang di dalamnya tewas.

Dalam rekaman tersebut, pilot dapat didengar menggambarkan "cahaya rudal" pada rute penerbangan hingga kemudian kemudian terjadi ledakan.

Zelensky mengatakan setelah rilis rekaman bahwa itu "membuktikan bahwa pihak Iran tahu sejak awal bahwa pesawat kami terkena rudal".


"Semuanya terdengar di sana," kata Zelensky kepada 1+1. "Semuanya terekam," sambungnya.

'Itu Cahaya dari Misil'

Saluran TV 1+1 menampilkan klip audio penerbangan Aseman Airlines dari kota Shiraz, Iran selatan ke Teheran, berkomunikasi dengan kontrol lalu lintas udara di ibukota Iran.

"Ada serangkaian lampu di rute kita, seperti rudal. Apakah ada sesuatu?" pilot terdengar bertanya.

"Seperti apa cahayanya?" tanya si pengendali lalu lintas udara.

Selanjutnya
Halaman
1 2