Pilot American Airlines Minta Maskapai Hentikan Penerbangan ke China

Zunita Putri - detikNews
Minggu, 02 Feb 2020 04:35 WIB
Ilustrasi American Airlines
Foto ilustrasi American Airlines: (CNN)
Jakarta -

American Airlines membatalkan semua penerbangan ke China sejak Jumat (31/1). Mereka juga membatalkan jadwal ke Hong Kong hingga Senin (3/2) mendatang.

"Perusahaan akan membuat keputusan tentang penerbangan Hong Kong berdasarkan situasi operasional kami," kata American Airlines, dilansir CNN, Minggu (2/2/2020).


Perkumpulan serikat pilot American Airlines yang terdiri dari 15.000 pilot mempermasalahkan kedekatan Hong Kong dengan China. Mereka takut Hong Kong sudah tersebar virus Corona.

"Walaupun Hong Kong adalah wilayah administrasi khusus, virus itu tidak mengenali kata-kata geopolitik seperti itu," kata juru bicara Asosiasi perkumpulan pilot American Airlines, Kapten Dennis Tajer.


"Lihat saja peta itu. Hong Kong secara geografis adalah daratan yang merupakan bagian dari China. Masalah geopolitik, yang jelas-jelas kita hormati, virusnya tidak," imbuhnya.

Seperti diketahui, wabah virus corona ini mulai muncul di Wuhan, China. Virus ini telah menewaskan 259 orang, yang nyaris semua kematian tersebut terjadi di provinsi Hubei.

Kemenkes Pastikan Alat Pendeteksi Virus Corona Miliknya Sudah Canggih:

[Gambas:Video 20detik]

(zap/sam)