AS Darurat Virus Corona, Warga Asing yang Baru Pergi ke China Dilarang Masuk

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 01 Feb 2020 14:06 WIB
Total 18 warga Korea Selatan yang baru dievakuasi dari Wuhan telah dibawa ke rumah sakit karena menunjukkan gejala-gejala penyakit tersebut.
Foto: Getty Images/Chung Sung-Jun

Aturan ini berlaku untuk orang-orang yang telah melakukan perjalanan ke daerah-daerah yang ditunjuk dalam dua minggu sebelum upaya mereka masuk ke AS.

Sejauh ini di Amerika Serikat telah dilaporkan tujuh kasus terkonfirmasi virus corona. Virus corona ini diyakini berasal dari sebuah pasar hewan di kota Wuhan, di mana hewan-hewan eksotik dan daging hewan liar diperdagangkan secara ilegal. Pasar hewan itu telah ditutup dan penyelidikan telah dilakukan otoritas setempat.

Muncul sejak Desember 2019, virus yang memicu gangguan pernapasan ini telah menyebar luas di berbagai penjuru China. Virus ini juga diketahui telah menyebar hingga ke lebih dari 20 negara. Selain China, sejumlah negara sudah melaporkan kasus corona yakni: Jepang, Korsel, Taiwan, Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Sri Langka, Nepal, Uni Emirat Arab, Australia, Kanada, Amerika Serikat, Jerman, Finlandia dan Prancis.

China yang menjadi tempat asal virus mematikan ini, telah melaporkan bahwa 259 orang meninggal akibat virus ini dan 11.791 orang terkonfirmasi terinfeksi virus corona, termasuk 10 orang di Taiwan. Adapun kasus suspect atau diduga corona sejauh ini telah mencapai 17.988 dan disebutkan bahwa otoritas China tengah memonitor sekitar 137 ribu orang yang telah melakukan kontak dengan para penderita virus corona.

Halaman

(ita/ita)