Kasus Pertama di Rusia, 2 Warga China Positif Virus Corona

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 01 Feb 2020 10:55 WIB
Total 18 warga Korea Selatan yang baru dievakuasi dari Wuhan telah dibawa ke rumah sakit karena menunjukkan gejala-gejala penyakit tersebut.
Foto: Getty Images/Chung Sung-Jun
Moskow -

Dua warga China di Rusia telah terbukti positif virus corona yang tengah mewabah. Ini merupakan kasus virus corona pertama yang terkonfirmasi di Rusia.

Deputi Perdana Menteri Rusia Tatyana Golikova mengatakan, kedua kasus corona tersebut tercatat di Zabaikalsky dan Tyumen, wilayah Siberia. Golikova yakin bahwa risiko penyebaran virus itu di Rusia bisa dikendalikan karena kedua pasien tersebut telah diisolasi.

Golikova juga mengatakan bahwa Rusia akan mengevakuasi sebagian warganya dari China.

"Kami sedang memulai untuk mengevakuasi warga negara Rusia dari Wuhan dan Hubei. Tiga ratus orang dari Wuhan dan 341 orang dari Hubei," ujar Golikova seraya menambahkan bahwa mereka yang dipulangkan akan dikarantina terlebih dulu.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Rusia mengumumkan penghentian penerbitan visa elektronik bagi warga China. Penghentian penerbitan visa elektronik itu berlaku untuk sementara. Rusia juga memutuskan untuk menutup perbatasannya dengan China di wilayah Timur Jauh guna mencegah penyebaran coronavirus baru ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2